Tanamkan Pendidikan Karakter, SMP di Banjar Ini Gelar Lomba HUT RI

20/08/2016 0 Comments
Tanamkan Pendidikan Karakter, SMP di Banjar Ini Gelar Lomba HUT RI

Siswa SMP Al Azhar Kota Banjar tengah bahu-membahu merebutkan hadiah dalam perlombaan panjat pinang. Photo: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Suasana perayaan HUT RI ke 71 masih semarak dikalangan siswa SMP Al Azhar Kota Banjar. Selama 3 hari berlangsung sejak Rabu (17/8/2016), sejumlah perlombaan sengaja digelar untuk meramaikan bulan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Ketua Panitia, Mahmud Fatihan mengatakan, kegiatan perayaan HUT RI ke 71 di sekolahnya merupakan ajang menghibur para siswa serta mengasah kreatifitas untuk memenangkan setiap perlombaannya. Selain itu, dia mewajibkan ratsuan siswanya untuk memilih perlombaan yang disediakan.

“Rata-rata perlombaan yang kami selenggarakan sudah tidak asing lagi bagi semua masyarakat, seperti panjat pinang, merias wajah dengan ditutup matanya, menangkap belut dan lomba lainnya. Sebenarnya ini hanya sebagai sarana hiburan siswa agar tidak jenuh dalam belajar dan mengedukasi mereka belajar kompak,” jelasnya kepada HR Online.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Al Azhar, KH. Muslih Abdurrohim, M.Pd.I., mengatakan, kegiatan yang berlangsung merupakan bentuk pembelajaran kepada siswa dalam menghargai kemerdekaan. Pasalnya, dalam setiap perlombaan, panjat pinang misalnya, mengandung unsur pendidikan karakter yang perlu dimiliki siswa.

“Perjuangan mendapatkan kemerdekaan itu melewati rintangan yang sulit. Nah, dari hal tersebut kami memanfaatkan moment ini untuk menyampaikan nilai pendidikan karakter melalui perlombaan yang ada. Satu hal lagi, para pejuang kemerdekaan perlu dikenalkan sejak dini, apalagi seusia siswa yang kami didik adalah masa yang sangat bagus menanamkan jiwa nasionalisme,” tegasnya. (Muhafid/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!