Tanggul Jebol, Ratusan Rumah Warga di Ciamis Terendam Banjir

13/08/2016 0 Comments
Tanggul Jebol, Ratusan Rumah Warga di Ciamis Terendam Banjir

Tanggul Sungai Citalahan di wilayah Desa Sukahurip yang mengalami jebol akibat tak mampu menahan debit air saat hujan melanda wilayah Pamarican sejak Jum’at malam tadi. Photo: Suherman/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Selain merendam puluhan hektar sawah siap panen, banjir di wilayah Kecamatan Pamarican yang diakibatkan oleh jebolnya tanggul Sungai Citalahab, juga merendam ratusan rumah warga di Desa Bangunsari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Kepala Desa Bangunsari, Aan Subhan Suroso, saat ditemui HR Online, Sabtu,(13/08/2016), mengatakan, ratusan rumah warganya sempat terendam banjir dengan ketinggian mencapai 70 centimeter. [Baca berita terkait; Petani di Ciamis Terancam Gagal Panen, Ini Penyebabnya].

“Ada 250 rumah di RW 02, Dusun Kubangpari yang terendam banjjir. Namun sekarang air sudah mulai surut. Banjir kali ini juga merendam puluhan hektare sawah yang siap panen. Sumber penyebab banjir adalah akibat jebolnya tanggul Sungai Citalahab di wilayah Desa Sukahurip, yang berdampak ke wilayah desa kami,” terang Aan.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Sukahurip, Turiman, S.Ag., juga membenarkan bahwa banjir yang melanda tiga desa, yaitu Desa Sukahurip, Bangunsari dan Desa Kertahayu, itu akibat adanya tiga titik tanggul yang mengalami jebol karena tidak mampu menahan debit air saat hujan melanda wilayah Pamarican sejak Jum’at malam tadi.

“Ada tiga titik tanggul yang jebol, yaitu tanggul Sungai Citalahab di daerah Dusun Kertajaya dengan panjang 20 meter, serta dua titik lagi di Dusun Ciparakan yang panjangnya sekitar lebih dari 20 meter. Dengan adanya kejadian ini, kami berharap kepada pemerintah untuk segera membetulkan tanggul-tanggul yang jebol, agar masyarakat bisa terhindar dari bahaya banjir,” tandas Turiman.

Pantauan HR Online di lapangan, hingga siang ini debit air sudah mulai surut. Namun, tidak menutup kemungkinan air akan naik lagi, mengingat curah hujan di wilayah Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan sekitarnya kini masih turun. (Suherman/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!