Tembok Penahan Tanah Dam Cikaso di Ciamis Ambruk

19/08/2016 0 Comments
Tembok Penahan Tanah Dam Cikaso di Ciamis Ambruk

Bagian kiri tembok penahan tanah Dam Cikaso di Dusun Sukapura, Desa Cikaso, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, ambruk. Photo: Andri/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Bagian kiri tembok penahan tanah Dam Cikaso di Dusun Sukapura, Desa Cikaso, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, sejak Sabtu (13/08/2016), sekitar jam 5 pagi, ambruk akibat diguyur hujan yang terus menerus terjadi saat itu.

Ujang Rasidi, warga RT.26, RW.6, Dusun Sukapura, Desa Cikaso, mengatakan, jika dibiarkan lama tanpa ada perbaikkan, dikhawatirkan ambruknya sayap tembok penahan tersebut akan semakin melebar dan air dari Sungai Cikaso akan memudal membanjiri rumah warga yang ada di sekitar Dam.

“Kalau dilihat dan dicermati, tembokan penahan tanah tersebut baru direnovasi, tapi kenapa tidak bisa menahan pergeseran tanah. Apakah pondasinya kurang kuat. Kalau dibandingkan dengan tembokan penahan tanah sebelah kanan sampai sekarang masih kokoh, padahal pasangan tembokan lama,” katanya, kepada HR Online.

Dengan ambruknya pasangan tembokan penahan tanah Dam Cikaso bagian sebelah kiri, sebagian warga yang rumahnya paling dekat dengan Dam merasa takut. Karena, volume air Sungai Cikaso sangat besar.

Bahkan, Ujang yakin semua warga sekitar merasa ketakutan. Untuk itu, warga berharap kepada pemerintah agar segera memperbaiki tembokan penahan tanah yang ambruk tersebut.

Senada dikatakan Yayat, warga Dusun Sukapura lainnya yang juga merasa ketakutan melihat air Dam Cikaso sangat besar. “Hujan masih sering terjadi di wilayah ini, sehingga kami warga di sini ketakutan air dari Dam Cikaso meluap dan membanjiri rumah, terlebih ada bagian tembokan penahan yang ambruk,” ungkap Yayat.

Ujang, Yayat dan warga lainnya, sangat mengharapkan pemerintah setempat segera melaporkan kejadian ini kepada instansi terkait agar segera ditangani. Jangan sampai pasangan tembokan penahan tanah bagian sayap sebelah kiri yang ambruk kian melebar. (Andri/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!