Ternyata Bir Punya Manfaat Sehat Bagi Tubuh

24/08/2016 0 Comments
Ternyata Bir Punya Manfaat Sehat Bagi Tubuh

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Kehadiran minuman jenis bir di Indonesia memang menimbulkan kontroversi. Terlepas dari hal itu, minuman tersebut ternyata mempunyai manfaat sehat bagi tubuh.

Dilansir dari healthmeup.com, sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan, merendam daging dengan bir dapat mengurangi sifat karsinogen atau sifat yang menjadi penyebab kanker di dalam daging.

Saat makanan yang mengandung sifat karsinogen tinggi dipanggang, maka di situ terjadi 2 pelepasan bahan kimia, yakni heterosiklik (HCA) serta polycyclic aromatic hydrocarbons (PAH). Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa bir mampu mengurangi sebanyak 53 persen pelepasan PAH.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa bir mampu membuat kaki Anda menjadi rileks setelah seharian beraktivitas. Karena, ragi yang terkandung di dalam bir diketahui dapat berperan sebagai antiseptik alami yang tak hanya membuat kaki bebas dari kuman, tetapi bisa juga membuat rileks.

Sementara berdasarkan hasil sebuah penelitian di Finlandia yang dilakukan tahun 1998 menemukan, bahwa minum bir mampu menurunkan resiko seorang pria terkena batu ginjal sebanyak 40 persen. Karena, minuman jenis bir dapat meningkatkan produksi kalsium di dalam tubuh yang membantu mencegah pembentukan batu ginjal.

Para peneliti di Kanada juga menemukan bahwa bir bisa membantu mencegah timbulnya penyakit katarak. Hal itu terjadi karena minuman jenis bir tinggi akan zat antioksidan.

Itulah beberapa manfaat sehat yang bisa didapat dari minum bir. Meski begitu, namun bukan berarti Anda bebas mengkonsumsi bir secara berlebihan tanpa membatasi jumlahnya. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!