Ternyata Ini Benda yang Pertama Dijual di Internet

27/08/2016 0 Comments
Ternyata Ini Benda yang Pertama Dijual di Internet

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Saat ini internet sudah menjadi platform jual beli terbesar di dunia. Dalam setiap tahunnya internet berkontribusi terhadap perdagangan global sebesar USD 2,2 triliun.

Bahkan menariknya lagi, benda yang pertamakali diperjualbelikan di internet adalah ganja. Transaksi online pertama di dunia itu dilakukan oleh mahasiswa Universitas Stanford antara tahun 1971 hingga 1972.

Untuk melakukan jual beli ganja dengan mahasiswa Massachussetts Institute of Technology (MIT), pada waktu itu mahasiswa Universitas Stanford menggunakan akun internet ‘Arpanet’ di laboratorium Artificial Intelligence yang ada di kampusnya. Tentu saja transaksi tersebut dilakukan secara sembunyi-sembunyi sebelum akhirnya terungkap.

Namun ironisnya, sejak itu juga semua jenis narkoba banyak dijual melalui online. Dari tahun 70-an hingga tahun 90-an, perdagangan narkoba online semakin berkembang pesat. Bahkan, sekitar 73 jenis narkoba baru dipasarkan di internet pada tahun 2015. Dari jumlah sebesar itu, hampir 50 jenis narkoba berbahan asal ganja.

Melihat kenyataan itu tentunya kita harus mewaspadai serta ikut mengawasi orang-orang yang ada di sekitar kita supaya tidak tersangkut perdagangan narkoba online. Pasalnya, lebih dari 1 miliar orang di dunia ini dipastikan pernah membeli barang melalui online. Karena, ketika manusia berkenalan dengan internet, maka peluang untuk bersentuhan dengan transaksi online sangat besar. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!