Unik, Pecinta Anime di Banjar Bentuk Komunitas

27/08/2016 0 Comments
Unik, Pecinta Anime di Banjar Bentuk Komunitas

Anggota Regalia Japanese Comunity Banjar, tampak sedang bermain fun game dengan dandanan layaknya tokoh aktor anime. Photo: Hermato/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Anime atau kartun dari negara Jepang saat ini mulai digandrungi masyarakat, terutama bagi kalangan remaja dan anak-anak. Para remaja tersebut sangat fanatic, berbagai koleksi seperti film, gambar, lagu, atau semua yang berbau anime dimilikinya. Bahkan diantara mereka ada yang kesehariannya memakai pakaian atau tokoh anime.

Untuk lebih menunjukkan eksinstensinya, di Kota Banjar pun kini ada sebuah komunitas pecinta anime. Komunitas ini bernama Regalia Japanese Comunity Banjar. Komunitas yang bermarkas di Lingkungan Cipadung, Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja, berdiri pada tanggal 6 Desember 2015, dan kini sudah mempunyai 35 anggota.

Ketua Regalia Japanese Comunity, Asep Syamsul, mengatakan, Regalia merupakan komunitas pecinta budaya Jepang berupa anime, cosplay, manga, games, dance, dan karaoke.  Sebelumnya komunitas tersebut hanya beranggotakan enam orang, yakni Asep Syamsul, Lorenzo, Ferdian, Rian, Ade Anwar, dan Jajang.

“Awalnya kami terinspirasi dari Event Jasun Fest atau Japan Sunda Festival, bertempat di Tasikmalaya. Kami juga berinisiatif untuk membentuk suatu komunitas pecinta anime dan semacamnya di Banjar,” terang Asep, salah seorang anggota Regalia Japanese Comunity Banjar, kepada HR, Minggu (21/08/2016) lalu.

Menurutnya, pertama kali komunitasnya merekrut anggota dengan cara bercosplay dan membagikan brosur. Asep mengaku bersyukur, karena anggota komunitas Regalia Banjar sampai saat ini terus bertambah.

Kini, setiap hari Minggu mereka rutin bercostreet di Taman Kota Lapang Bhakti Banjar dari jam 07.00 hingga selesai. Biasanya mereka berkumpul untuk saling share, diskusi tentang anime, bermain fun games, dan menjalin kebersamaan sesama pecinta anime.

Tujuannya untuk menyalurkan hobi, mengenalkan budaya Jepang, dan mengembangkan kreativitas maker atau membuat kostum maupun perlengkapan untuk keperluan cosplay. Anggota Regalia Japanese Comunity Banjar juga sempat mengikuti beberapa event di berbagai daerah, seperti di Ciamis, Tasikmalaya, dan Purwakarta.

Bahkan, salah satu anggotanya berhasil mendapatkan tropi juara. Sejumlah prestasi yang diraih meliputi juara 3 Cosplay (Nagateboshi Ciamis), juara 2 karaoke (Nagateboshi Ciamis), serta juara 1 karaoke (Nagateboshi Ciamis).

Keberadaan komunitas tersebut dipandang unik oleh masyarakat yang tengah berkunjung ke taman kota. Seperti yang dikatakan Agus Salim (40), warga Desa Neglasari, Kecamatan Banjar. Menurutnya, komunitas seperti ini dipandang unik karena kostum yang mereka pakai berbeda dengan komunitas-komunitas lainnya.

“Unik juga sih, karena mereka berdandan layaknya aktor anime beneran, seperti Naruto, Shincan, Dragon Ball, dan lain-lain,” ujar Agus.

Pendapat serupa dikatakan Yustini (34), warga Dayeuh Luhur, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, yang tengah berkunjung ke taman kota bersama keluarganya. “Salut buat mereka, kami sekeluarga pun sangat terhibur. Bahkan tadi pun saya sempat difoto dengan mereka,” kata Yustini. (Hermanto/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!