Tahun ini, 1 Peserta Calhaj asal Pangandaran Gagal Berangkat

02/09/2016 0 Comments
Tahun ini, 1 Peserta Calhaj asal Pangandaran Gagal Berangkat

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Musim haji tahun ini, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, memberangkatan sebanyak 382 jemaah calon haji, terdiri dari 377 peserta, 3 orang petugas kesehatan dan 2 orang Tim Petugas Haji Daerah (TPHD).

Sebelumnya, peserta jemaah calon haji Kabupaten Pangandaran ada 378 orang, namun satu peserta gagal berangkan karena mengalami sakit gagal ginjal.

Menurut panitia pemberangkatan haji, yang juga seksi kesehatan dari Dinkes Kabupaten Pangandaran, Agus Maliana, bahwa satu orang calon jemaah haji yang gagal diberangkatkan itu bernama Engkos Kosasih, S.Pd., (56), bin Muhamad Saroji, warga Dusun Ciwaru, RT.09, RW.06, Desa/Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, dengan kloter 61, Nomor Paspor B3307137 Porsi 1000426252.

“Satu jamaah haji yang gagal sudah diupayakan untuk bisa berangkat, tetapi yang bersangkutan dirawat di RSUD Bekasi dan diagnosanya ginjal,” terang Agus, Jum’at (02/09/2016).

Berdasarkan hasil pemeriksaan langsung oleh dokter dan laboratorium di RSUD Kota Bekasi, yang bersangkutan termasuk dalam kriteria tidak memenuhi syarat, sehingga keputusan akhir ditunda atau ditangguhkan keberangkatannya untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.

“Ini pengalaman baru saya. Baru nganter ke asrama haji Bekasi dan harus kembali lagi, sehubungan dengan adanya Permenkes baru Nomor 15 Tahun 2016 tentang Istitha’ah. Mudah-mudahan ke depan lebih baik lagi,” katanya.

Agus juga menyebutkan, bahwa dari saluruh calon haji berasal dari lima KBIH asal Kabupaten Pangandaran itu, pada saat pemberangkatan ada satu orang peserta yang dalam keadaan sakit diare. Bahkan, berangkat ke Embarkasi Bekasi pun menggunakan mobil ambulans.

“Yang sakit diare waktu berangkat atas nama Rosid bin Karmadi, usia 58 tahun asal Parakanmanggu, Parigi. Tetapi setelah direkomendasi dokter Embarkasi, calon jemaah haji tersebut dia bisa diberangkatkan,” pungkasnya. (Madlani/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!