Banjir Rendam Puluhan Kolam Ikan dan Sawah di Banjar

17/09/2016 0 Comments
Banjir Rendam Puluhan Kolam Ikan dan Sawah di Banjar

Areal sawah dan kolam milik warga Desa Balokang, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, yang terendam banjir. Photo : Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Hujan yang terus mengguyur wilayah Kota Banjar, Jum’at-Sabtu (16-17/9/2016), mengakibatkan sejumlah wilayah di Kota Banjar mengalami banjir. Salahsatunya di Dusun Ciaren, Desa Balokang, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, terendam banjir setinggi 50 hingga 1 meter. Akibat banjir tersebut, belasan hektar sawah dan kolam ikan terendam banjir.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun HR Online di lapangan, banjir ini diduga karena saluran drainase yang buruk. Drainase tersebut tidak bisa menampung air kiriman dari wilayah Desa Cibeureum dan Jajawar, karena saluran tersumbat.

Selain merendam akses jalan penghubung antar desa, banjir juga merendam puluhan hektar sawah atau lahan pertanian warga, serta wilayah sumur bandung di Balokang.

Kendaraan roda dua maupun roda empat yang memaksa menerobos banjir banyak yang mogok akibat terendam air. Warga yang hendak melakukan aktivitas keluar masuk kampung, terpaksa harus menunggu hingga banjir surut.

“Ini banjir langganan di wilayah kami, banjir ini kiriman dari Desa Jajawar. Selain itu, banjir juga disebabkan oleh saluran air yang kecil, sehingga tidak mampu menampung air dan mengakibatkan banjir,” ujar Edi Susanto (38) warga setempat kepada HR Online.

Dengan peristiwa ini, warga berharap pihak pemerintah melalui instansi terkait, segera melakukan perbaikan saluran drainase yang buruk dan tersumbat. Dipastikan banjir akan semakin meluas bila hujan deras terus mengguyur wilayah ini.

Sementara itu, kasi kedaruratan logistik BPBD Kota Banjar, Kuslan Parman mengatakan, akibat banjir ini pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menanggulangi banjir langganan ini.

Akibat banjir, pemilik sawah dan kolam ikan mengalami kerugian hingga belasan juta rupiah. (Hermanto/R5/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!