Banyak Koperasi di Ciamis Bangkrut, Dekopinda Dorong Program Revitalisasi

05/09/2016 0 Comments
Banyak Koperasi di Ciamis Bangkrut, Dekopinda Dorong Program Revitalisasi

Ilustrasi Koperasi. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Ketua Dekopinda Kabupaten Ciamis, Maman Hidayat, mengungkapkan, pihaknya berencana akan mendorong program revitalisasi koperasi di Kabupaten Ciamis. Pasalnya, meski ada beberapa koperasi yang masih ada kepengurusannya, namun dalam kenyataannya sudah tidak menjalankan usahanya.

“Nama dan kepengurusannya masih ada, tapi kegiatannya tidak ada. Jumlah koperasi di Ciamis yang seperti itu jumlahnya banyak. Makanya, kami perlu mendorong untuk melakukan revitalisasi di seluruh koperasi agar bisa menjalankan usahanya kembali,” ujarnya, kepada HR Online, Sabtu (03/09/2016).

Maman menambahkam, revitalisasi pada tubuh koperasi tidak hanya dilakukan pada sektor usahanya saja, tetapi pada keanggotaan dan kepengurusan koperasi pun perlu dilakukan pembenahan. [Berita Terkait: Dekopinda Mencatat dari 700 Koperasi di Ciamis, 600 Diantaranya Bangkrut]

“Sehingga yang menjadi anggota dan pengurus yang betul-betul ingin memajukan koperasi dengan memberikan simpanan pokok dan wajib. Bagi anggota yang tidak memiliki visi untuk memajukan koperasi, lebih baik dikeluarkan,” ujarnya.

Maman mengatakan, dirinya kaget ketika berkunjung ke salah satu koperasi di Tasikmalaya. Ternyata koperasi itu berkembang pesat dan menjalankan manajemen professional.

“Dari hasil SHU-nya saja sampai Rp 1,5 miliar. Maka tak heran masyarakat berbondong-bondong datang untuk menyimpan dan melakukan pinjaman ke koperasi tersebut. Koperasi itu bisa berjalan dengan baik karena anggotanya memiliki visi untuk memajukan koperasi,”pungkasnya. (es/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!