Bebegig Cilik Asal Ciamis Sedot Perhatian Warga Karawang

15/09/2016 0 Comments
Bebegig Cilik Asal Ciamis Sedot Perhatian Warga Karawang

Raya, pemeran Bebegig cilik dari Sanggar Seni Bebegig Baladewa Kecamatan Sukamantri Kabupaten Ciamis dalam perayaan HUT Kabupaten Karawang ke 383, Rabu (14/9/2016). Photo: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kehadiran kesenian Bebegig asal Kabupaten Ciamis dalam perayaan ulang tahun Kabupaten Karawang ke 383 menjadi pusat perhatian para pengunjung. Aksi yang dilakukan perwakilan dari Ciamis merupakan anak-anak, sehingga membuat penonton takjub.

Kasi Pembinaan Kesenian dan Perfilman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ciamis, Dedi Koesmana, mengatakan Sanggar Seni Bebegig Baladewa asal Kecamatan Sukamantri menjadi salah satu perwakilan dalam HUT Kabupaten Karawang. Selain untuk menunjukan ikon Kabupaten Ciamis, juga sebagai sarana kampanye mencintai budaya daerah.

“Kita sengaja membawa anak-anak sebagai pemeran dalam kesenian Bebegig tersebut di Karawang. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan kecintaan terhadap budaya daerah sejak dini,” jelasnya kepada HR Online, Kamis (15/9/2016).

Salah satu pemeran Bebegig cilik yang menyedot perhatian, lanjutnya, merupakan bocah yang masih berumur 3 tahun, yakni Raya. Pementasan kesenian Bebegig yang menempuh hingga 5 kilometer tidak lantas membuat aksi Raya menurun.

“Dia sudah mengenal Bebegig sejak umur 2 tahun. Awalnya orang tua Raya, Rana Siswara, belum mengizinkan anaknya pentas dalam acara besar, namun pada umur 3 tahun pernah pentas dalam HUT RI, lantas mereka mengizinkan anaknya beraksi,” ungkapnya.

Sementara itu, Dedi berharap agar ikon Kabupaten Ciamis tersebut bisa dikenalkan ke berbagai daerah, baik tingkat proninsi maupun tingkat nasional.

“Inilah upaya kami untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap kesenian daerah. Kami akan tetap konsisten dalam menjaga dan melestarikan kesenian khas Ciamis,” tutupnya. (Heri/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!