Catat, Taman Edukasi Lalu Lintas Akan Segera Dibangun di Ciamis

11/09/2016 0 Comments
Catat, Taman Edukasi Lalu Lintas Akan Segera Dibangun di Ciamis

Photo: ilustrasi net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Ciamis tahun depan rencananya akan membuat taman edukasi lalu lintas. Taman edukasi tersebut diproyeksikan untuk mengenalkan tata cara  berlalu lintas dan berkendara sejak dini. 

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishubkominfo Ciamis, H. Eddy Yulianto, MM, ketika ditemui Koran HR, Senin (05/09/2016) pekan lalu, membenarkan rencana pembuatan taman edukasi lalu lintas sebagi bentuk sarana pembelajaran bagi masyarakat.

Eddy menjelaskan, taman edukasi tersebut akan berfungsi sebagai tempat penyuluhan dan pendidikan keamanan berlalu lintas. Taman itu akan dilengkapi dengan ragam permainan yang memberi pembelajaran pada anak-anak untuk turut membentuk generasi yang disiplin dan bertanggungjawab dalam berlalu lintas.

Menurut Eddy, saat ini sudah ada dua titik yang akan dijadikan lokasi untuk pembelajaran bagi pelajar pelopor keselamatan. Rencana pertama di lokasi waterboom Sukahaji Ciamis dan di komplek Kantor Dishubkominfo yang baru di daerah Benteng Ciamis.

“Kedua lokasi itu nantinya akan dijadikan taman tau tempat belajar tentang lalu lintas sambil bermain,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Eddy mengungkapkan, tingginya angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas, mendorong pihaknya serius untuk membangun taman edukasi lalu lintas. Menurut dia, pendidikan berlalu lintas harus ditanamkan kepada anak sejak dini, agar kedepan mereka tertib berlalu lintas.

“Bermain sambil belajar kedisiplinan di jalan menjadi penting bagi kita semua, khusunya anak-anak TK dan SD. Penanaman disiplin sejak dini menjadi bekal penting untuk mencetak pengguna jalan yang mau menaati aturan. Mudah-mudahan, Eddy tahun 2017 mendatang pembangunan taman edukasi lalu lintas sudah bisa dimulai,” katanya.

Dian Ardiansyah (22), warga Cijeungjing, mengaku sangat mendukung rencana pembangunan taman edukasi lalu lintas tersebut. Menurut dia, taman itu tidak hanya akan menjadi tempat belajar masyarakat ataupun siswa sekolah tetapi akan berimbas juga pada keindahan dan penataan wilayah Kabupaten Ciamis.

Pada kesempatan itu, Dian berharap Dishubkominfo mengoptimalkan keberadaan fasilitas taman edukasi lalu lintas tersebut. “Jangan sampai fasilitas itu hanya jadi hiasan dan ajang untuk menghamburkan anggaran semata,” ungkapnya. (Heri/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!