China Operasikan Teleskop Raksasa untuk Berburu Alien

30/09/2016 0 Comments
China Operasikan Teleskop Raksasa untuk Berburu Alien

Teleskop Raksasa China. (National Astronomical Observatories/Chinese Academy of Sciences.)

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

China resmi mengoperasikan pemancar radio terbesar di dunia, Minggu (25/09/2016). Teleskop terbesar sejagat buatan Negeri Tirai Bambu itu diklaim siap memburu alien.

Pemancar berbentuk parabola itu difungsikan selain untuk mencari kehidupan alien, juga berfungsi mengeksplorasi luar angkasa. China melakukan uji coba untuk pertama kalinya di Pingtang, Provinsi Guizhou.

Dilansir dari New Scientist, teleskop raksasa berdiameter 500 meter yang diberi bernama “FAST” (Five-hundred-meter Aperature Spherical Telescope) itu akan digunakan untuk mencari keberadaan alien serta planet-planet baru di luar angkasa yang belum diketahui oleh manusia.

Dengan menggunakan 4.450 panel reflektor, pembangunannya menghabiskan dana sebesar 180 juta dollar AS. Tim O’Brien, profesor astrofisika di University of Manchester, Inggris, mengatakan, ukuran teleskop adalah kunci potensial yang memberi dampak pada eksplorasi ilmu pengetahuan.

“FAST nantinya akan membantu para astronom untuk melakukan survei hidrogen yang ada di galaksi, juga mendeteksi molekul di ruang angkasa, mencari gelombang radio natural dari planet yang mengorbit pada bintang lain, serta mencari sinyal dari radio yang menunjukkan keberadaan alien,” terang O’Brien. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!