Di Ciamis, Sawah Terendam Banjir jadi Berkah Bagi Pemancing

22/09/2016 0 Comments
Di Ciamis, Sawah Terendam Banjir jadi Berkah Bagi Pemancing

Sejumlah warga yang sedang memancing ikan di areal pesawahan yang terendam banjir. Photo: Heri Herdianto/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Hujan yang terus mengguyur wilayah Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, akhir-akhir ini, membuat lahan pesawahan di wilayah tersebut terendam banjir. Kondisi yang membuat para petani merugi itu ternyata menjadi berkah tersendiri bagi warga sekitar. Mereka memanfaatkannya dengan memancing maupun menjaring ikan.

Dari pantauan HR Online, terlihat beberapa orang yang hoby mancing duduk di pinggir pematang sawah. Bahkan, agar bisa menangkap ikan menggunakan jaring, ada warga yang rela menyebrangi lahan sawah yang terendam banjir.

Dani Ramdani (28), warga Desa Cileungsir, Kecamatan Rancah, ketika ditemui HR Online, Kamis (22/09/2016), mengaku bahwa dirinya sangat hobi memancing. Tetapi karena hujan kemarin mengakibatkan banyak sawah dan sejumlah kolam ikan warga yang ikut terendam banjir.

“Banjir kolam sampai ke pesawahan jadi saya bersama teman-teman memancing ikan mujair maupun ikan gabus gratis di kolam pemancingan dadakan. Sebenarnya kasihan melihat pemilik sawah dan kolam yang selalu kebanjiran. Tapi kalau kita hanya mengeluh, kan tidak baik juga. Makanya kondisi banjir seperti ini disyukuri saja dengan memancing,” tutur Dani.

Sementara itu, Diki Ramdani (26), warga lainnya yang dekat dengan areal sawah, mengatakan, tidak sedikit warga yang memanfaatkan areal pesawahan dijadikan kolam pemancingan dadakan karena banyaknya ikan di pesawahan tersebut.

“Ada juga warga yang setiap malam menjaring ikan. Bahkan banyak dari daerah lain yang sengaja datang ke sini, seperti dari Kawali atau Rajadesa. Mereka mendapatkan ikan sampai 10 kilo lebih,” terangnya.

Menurut Diki, hasil tangkapan ikan tersebut mereka jual dan ada juga yang dikonsumsi sendiri. (Heri/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!