Di Kertahayu Ciamis, Realisasi Dana Desa Dekati 90 Persen

06/09/2016 0 Comments
Di Kertahayu Ciamis, Realisasi Dana Desa Dekati 90 Persen

Ilustrasi Dana Desa. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat saat ini masih disibukan dengan program pembangunan yang didanai dari dana desa tahap pertama tahun anggaran 2016.

Kepala Desa Kertahayu, Apandi, ketika ditemui Koran HR, pekan lalu, mengatakan, pengerjaan pembangunan infrastruktur yang didanai dari dana desa tahap pertama tersebut hampir mendekati 90 persen.

“Dari jumlah anggaran dana desa sebesar Rp. 414,437,400 ini dibagi empat titik, diantaranya pembangunan jalan rabat beton serta rehabilitasi Jembatan Gantung Rancahoe. Untuk pembangunan jalan alhamdulillah semuanya sudah selesai, sementara untuk pembangunan jembatan penghubung dua dusun itu kini baru pengiriman matrial. Untuk pekerjaannya mungkin nanti menunggu masyarakat selesai panen,” kata Apandi.

Selain digeber dengan pembangunan insfratruktur jalan dan jembatan, Apandi mengatakan, Pemdes Kertahayu juga tengah membangun gedung serbaguna. Pembangunan itu didanai dari dana aspirasi.

“Sesuai ajuan kami, alhamdulillah anggota dewan dari PPP merespon, dan kini anggaran aspirasinya tengah dipergunakan untuk pembangunan gedung serbaguna, lokasinya di belakang balai desa. Gedung ini nantinya bisa digunakan untuk sarana olahraga maupun rapat besar. Mudah-mudahan apa yang tengah kami kerjakan mendapat respon baik dari masyarakat,” jelasnya.

Ditemui terpisah, Anggota DPRD Kabupaten Ciamis, Drs. Oyat Nurayat, saat meninjau pekerjaan gedung serbaguna, Selasa (23/08/2016), mengatakan, pembangunan gedung serbaguna tersebut adalah hasil ajuan dari Pemdes Kertahayu yang direspon oleh Pemkab Ciamis.

“Karena Desa Kertahayu berada di pusat keramaian yang sangat strategis, maka permohonan pembanguna  gedung serbaguna ini dipandang sangat layak. Maka dari itu, kami selaku anggota DPRD sangat mendukung sekali. Mudah-mudahan, meski anggarannya hanya baru bisa direalisasikan separuh, kami harap pembangunan ini bisa tercapai sesuai rancangan anggaran. Kami juga berjanji, pada anggaran murni nanti kami bisa kembali memperjuangkan untuk kelanjutan pembangunan ini,” katanya.

Ketua Karang Taruna Desa Kertahayu, Enun Saefuloh, saat ditemui Koran HR, Selasa (23/08/2016), mengaku sangat merespon atas upaya pemerintahan Desa Kertahayu yang terus memberikan pelayanan pembangunan.

“Kami sangat merespon dengan kegiatan pembangunan yang didanai dari dana desa maupun aspirasi. Kami saat ini akan terus mendukung langkah pemdes dengan langsung ikut terjun mengawal dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pembangunan,” katanya. (Suherman/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!