Disperindagkop Banjar Sudah Latih Diversifikasi Pengrajin Gula Pager Batu

07/09/2016 0 Comments
Disperindagkop Banjar Sudah Latih Diversifikasi Pengrajin Gula Pager Batu

Gula merah aren produksi pengrajin dusun Pager Batu, Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar. Photo: SBH/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) kota Banjar menyatakan telah melakukan pembinaan dan pelatihan diversifikasi bagi pengrajin gula merah aren di Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman.

“Sudah pernah dilakukan pada tahun 2014 lalu, dan pesertanya kebanyakan dari dusun Pager Batu. Malah kami beri bantuan juga untuk alat produksinya berupa katel berukuran besar,” jelas Neneng Widya Hastuti, S.sos., Kepala Bidang Perindustrian, Disperindagkop kota Banjar kepada harapanrakyat.com, Selasa (06/09/2016).

Tidak hanya itu, pada saat itu pula lanjut Neneng, dilakukan pembentukan kelompok yang dikoordinir petugas Pemdes Batulawang dan warga setempat perwakilan pengrajin. “Dari pengrajin itu Pa Ikin, yang juga mendistribusikan bantuan katel kepada pengrajin,” tambahnya.

Saat diyakinkan bahwa Ibu Hati dan Pa Adung serta pengrajin gula aren lainnya di daerah dusun Pager Batu RT 22/RW 07, Desa Batulawang belum pernah mendapatkan pembinaan dan pelatihan diversifikasi gula semut. Menurut Neneng, pihaknya akan mengusahakan para pengrajin mengikuti pelatihan di daerah lain.

“Kalau tahun depan harus pembinaan dan pelatihan disitu lagi, kayanya tidak bisa. Tapi pengrajin pager batu bisa ikut pelatihan diluar daerahnya. Semisal pelatihan bagi pengrajin gula di Langensari,” ujarnya. (SBH/R1/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!