Idul Adha Berkah Bagi Pedagang Hewan di Ciamis

08/09/2016 0 Comments
Idul Adha Berkah Bagi Pedagang Hewan di Ciamis

Peternak Sapi di Dusun Baregbeg, Desa Baregbeg, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis. Foto: Dian Sholeh Wardiana/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Perayaan Idul Adha 2016 tinggal menghitung hari. Hari raya ini merupakan berkah bagi pedagang hewan kurban seperti domba dan sapi. Bahkan akhir-akhir ini penjualan hewan kurban terlihat di sejumlah lokasi, salah satunya di Dusun Baregbeg, Desa Baregbeg, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis.

Didi (43) pedagang sapi, saat ditemui Koran HR, Senin (05/09/2016), mengatakan, dirinya menjual sapi tidak seperti yang lain mangkal di tempat yang ramai. Akan tetapi, dia menjual sapi hanya lewat jaringan atau relasinya. Dan saat ada yang berminat dan tertarik langsung diajak ke tempat dimana hewan tersebut disimpan.

“Alhamdulillah setiap tahunnya sapi yang saya urus semuanya terjual. Untuk tahun sekarang tinggal sisa dua yang belum terjual,” ujarnya.

Lebih lanjut Didi menuturkan, penjualan yang sudah pasti setiap tahunnya langganan untuk qurban yaitu dari daerah Jakarta. Dia menjamin kesehatan sapi yang dijualnya cukup terawat. Karena dirinya selalu meminta bantuan petugas dinas peternakan untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Sapi yang saya jual ini harganya variatif mulai dari Rp 18 juta sampai dengan Rp 21 juta. harga tersebut sudah termasuk biaya pengiriman sampai ke tempat,” ucapnya.

Didi menyebutkan, biasanya di kandang miliknya terdapat lebih sekitar 20 ekor sapi. Dan yang sudah terjual hampir setengahnya. Biasanya terjual habis pada saat H-3 perayaan Idul Adha.

“Sapi yang saya jual ini awalnya membeli dari bibit yang masih kecil. Dan selama satu tahun menjelang Idul Adha baru saya jual,” tuturnya. (DSW/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!