Indikasi Korupsi di Lahan Eks Star Trust Pangandaran, Kejari Kumpulkan Bukti

16/09/2016 0 Comments
Indikasi Korupsi di Lahan Eks Star Trust Pangandaran, Kejari Kumpulkan Bukti

Aliansi Mahasiswa Anti Korupsi Priangan saat menggelar audensi dengan Kejaksaan Negeri Ciamis di Ruang Ekspose Kejari Ciamis, Kamis (15/09/2016). Foto: Tantan Mulyana/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Setelah menggelar aksi unjuk rasa di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Ciamis,  perwakilan dari Aliansi Mahasiswa Anti Korupsi Priangan diterima oleh Pjs. Kasi Intel Kejari Ciamis, Asep Dahwan, SH, untuk menggelar audensi yang berlangsung di Ruang Ekspose Kejari Ciamis, Kamis (15/09/2016).

Dalam audensi tersebut, dibahas seputar pengaduan mahasiswa terkait dugaan korupsi pada peralihan HGU PTPN XIII Batulawang ke HGB PT. Start Trust atas lahan seluas 198 hektar di Desa Wonoharjo dan Desa Pananjung, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran.

Pjs. Kasi Intel Kejaksaan Negeri Ciamis, Asep Dahwan, SH, mengatakan, pihaknya masih mengumpulkan bukti-bukti terkait laporan dari mahasiswa tersebut. Namun, dari informasi yang diperoleh, status tanah HGB PT. Start Trust sudah mendapatkan legalitas resmi dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). “HGB di lahan tersebut masih berlaku sampai dengan tahun 2026 mendatang,”ujarnya.

Dengan begitu, kata Asep, apabila melaporkan dugaan korupsi harus disertai dengan fakta dan bukti hukum yang kuat. “Kalau memang terdapat bukti yang kuat adanya tindak pidana korupsi, kami siap menindaklanjutinya,”ujarnya.

Di tempat yang sama, Kasat Reskrim Polres Ciamis, AKP Roland, mengatakan, pihaknya masih mempelajari terkait permasalahan tersebut. Pihaknya, lanjut dia, tengah menelaah apakah ada unsur gratifikasi dalam proses peralihan HGU ke HGB atas lahan tersebut.

“Kalau memang masyarakat memiliki bukti ada dugaan korupsi pada proses peralihan hak di lahan tersebut tolong diinformasikan. Artinya, kalau memang ada bukti kuat, pasti akan kami ditindaklanjuti,”ucapnya. (Tantan/R2/HR-Online)

Berita Terkait

Rumah Petani Digusur, Satpol PP Pangandaran Dituding Jadi Beking Pengusaha

Mahasiswa Desak Kejari Usut Indikasi Korupsi di Lahan Eks Star Trust Pangandaran

Bupati Pangandaran Perintahkan Bongkar Tenda Biru di Lahan Eks Startrust

Soal Pembongkaran Tenda Biru di Lahan Eks Startrust, Ini Kata Penggarap

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!