Ini Kata Disperindagkop Soal Rentenir Berkedok Koperasi di Banjar

10/09/2016 0 Comments
Ini Kata Disperindagkop Soal Rentenir Berkedok Koperasi di Banjar

Photo: ilustrasi net/Ist

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Maraknya rentenir berkedok koperasi banyak bermunculan, Kasi. Koperasi Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Banjar, Yadi Suryadi Praja, menilai, bahwa maraknya rentenir tidak bisa dipungkiri karena masyarakat membutuhkan. Bahkan, pemerintah pun tak bisa menghalangi.

“Rentenir bisa ditanggulangi kalau kondisi ekonomi masyarakat kuat. Karena kebanyakan rentenir bergerak ke masyarakat yang ekonominya lemah. Ekonomi yang lemah bisa dikuatkan dengan pembinaan masyarakat untuk bisa berproduktif,” ujarnya, saat ditemui Koran HR, Selasa (06/09/2016) lalu.

Menurut Yadi, masyarakat sekarang susah mencari pekerjaan, padahal peluang pekerjaan sangat banyak, salah satu contohnya adalah cara bertani. Saat ini para petani rata-rata umurnya di atas 50 tahun, dan di situlah para generasi muda harus berani terjun bertani sebagai regenerasi.

Hal itu merupakan peluang bagi masyarakat untuk mendapatkan penghasilan. Pasalnya, sekarang ini sistem pertanian atau perkebunan bisa dilakukan di pekarangan rumah, bahkan di dalam rumah pun bisa.

“Kalau masyarakatnya produktif, ya tidak perlu modal, otomatis tidak akan pinjam modal ke rentenir,” kata Yadi. (Hermanto/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!