Jembatan Ampera Banjaranyar Ciamis Terancam Ambruk

22/09/2016 1 Comment
Jembatan Ampera Banjaranyar Ciamis Terancam Ambruk

Kondisi Jembatan Ampera yang menghubungkan Desa Cikaso dan Desa Sindangrasa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis. Photo: Andri/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kondisi Jembatan Ampera yang menghubungkan Desa Cikaso dan Desa Sindangrasa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, kondisinya memprihatinkan, bahkan terancam ambruk. Pasalnya, kaki penahan jambatan bergeser serta sayap sebelah  kiri ambruk yang disebabkan terjangan banjir pada Sabtu (17/9/2016) pekan lalu.

Menurut keterangan warga, jembatan tersebut tidak bisa lagi dilewati kendaraan roda 2 maupun roda 4, sehingga warga sekitar terpaksa menempuh jalur lebih jauh daripada saat kondisi jembatan normal.

“Jembatan hanya bisa dilalui pejalan kaki saja, itu juga harus ekstra hati-hati karena kondisi yang tidak memprihatinkan bahkan bisa ambruk sewaktu-waktu,” ujarnya kepada Koran HR.

Usia jembatan yang sudah tua, lanjutnya, belum pernah diperbaiki secara permanen oleh pemerintah dan hanya perbaikan yang dilakukan warga serta mengandalkan sumbangan yang dari pengendaran yang melawatinya.

“Padahal, pihak Pemerintahan Desa Cikaso dan Desa Sindangrasa sudah mengajukan permohonan perbaikan untuk jembatan Ampera, namun belum juga didengar pemerintah,” paparnya.

Hal senada juga diungkpkan Wawan, warga RT 02 RW 06, Dusun Sindangrasa, Desa Sindangrasa, Kecamatan Banjaranyar. Dia menegaskan jembatan yang seharusnya menjadi penghubung 2 desa tersebut diperbaiki, justru dibiarkan mengancam keselamatan warga.

“Kondisi besi jembatan keropos, kontruksi penahan jembatan juga bergeser. Kami minta jembatannya segera diperbaiki agar masyarakat tidak khawatir lagi,” kata Wawan. (Andri/R6/Koran HR)

About author

Related articles

1 Comment

  1. Lukman prayitno September 23, at 13:08

    Tolong pemerintah liat kondisi kampung kami...apa mau nunggu ada korban dulu lalu baru di perbaiki???

    Reply

Leave a Reply