Kades Neglasari Banjar Ajak Warga Gotong-royong Bangun Desa

20/09/2016 0 Comments
Kades Neglasari Banjar Ajak Warga Gotong-royong Bangun Desa

Pengerjaan Jalan Sukamulya, Desa Neglasari, Kota Banjar, dilakukan warga secara gotong-royong. Photo: Eva Latifah/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Desa Neglasari, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, saat ini tengah mempersiapkan sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan ditermin kedua pencairan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

Kepala Desa Neglasari, Setiaman, mengatakan, untuk SPJ kegiatan di tahap pertama sudah beres, dan pihaknya juga telah menyerahkan proposal pengajuan pencairan dana bantuan tahap kedua.

“Sekarang proposal pengajuannya sudah di DPPKAD. Insya Alloh bulan September ini bisa dicairkan,” ucapnya, kepada Koran HR, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (13/09/2016).

Setiaman menyebutkan, sejumlah kegiatan bidang fisik yang akan dikerjakan pada termin ke dua dengan anggaran sebesar Rp.549.882.946,25 ini diantaranya, infrastruktur jalan 1 titik, yakni Jalan DKM 7 di Dusun Warungbuah.

Kemudian, pembuatan kirmir 2 titik, pembangunan PAUD Purbasari 1, jembatan gantung dengan panjang antara 30-35 meter di Dusun Cikapundung. Dalam hal ini untuk pembangunan jembatan gantungnya adalah jembatan gantung biasa.

“Kegiatan di bidang fisik itu kita juga akan merehab kantor desa yang ada di bagian belakang, nanti bangunannya disatukan dengan yang depan,” terangnya.

Selain bidang fisik, ada pula kegiatan non fisik berupa pemberdayaan masyarakat yang akan diimplementasikan melalui pelatihan-pelatihan, diantaranya pelatihan RT/RW, keagamaan, kesenian, pelatihan bagi tutor PAUD, olahraga, dan pelatihan kemasyarakatan lainnya.

Kegiatan non fisik berikutnya adalah bantuan sosial terhadap anak sekolah yang tidak mampu dari 3 Sekolah Dasar (SD) dan 1 Madrasah Ibtidaiyah (MI), dengan jumlah keseluruhan sebanyak 150 orang.

Adapun kegiatan pekerjaan fisik pada tahap pertama yang telah dan sedang dilaksanakan meliputi, pembangunan Jalan DKM 6 dan Jalan Sukamulya, serta pembangunan PAUD Purbasari 2.

Setiaman juga mengatakan, bahwa pihaknya telah melaksanakan Musyawarah dusun (Musdus) pada tanggal 31 Agustus 2016 lalu. Sedangkan, untuk Musrenbangdus rencananya akan dilaksanakan minggu depan.

“Dalam membangun Desa Neglasari ini, kami menghimbau kepada masyarakat supaya lebih meningkatkan lagi sifat kegotong-royongan. Kami juga berharap, mudah-mudahan semua pekerjaan yang sudah direncanakan untuk tahun 2016 ini bisa terealiasi, dan target bisa tercapai beres 100 persen,” pungkasnya. (Eva/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!