Kirab Api PON di Pangandaran Disambut Seni Ronggeng

07/09/2016 0 Comments
Kirab Api PON di Pangandaran Disambut Seni Ronggeng

Saat gladi resik persiapan kirab PON XIX Jabar di Pangandaran. Foto: Asep Kartiwa/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Kabupaten Pangandaran mengukir sejarah pada pelakasanaan PON XIX Jawa Barat. Betapa tidak, Pangandaran menjadi bagian daerah yang bisa menyambut kirab Api PON XIX.

Dengan penyambutan berbagai kesenian, seperti Ronggeng, Kuda Lumping serta tari Jaipong yang dimulai sejak pukul 10.00 WIB, Rabu (7/9/2016), sebanyak 50 atlet Pangandaran menyambut di Karangbenda, Kecamatan Parigi, yang akan menyerahkan api PON kepada Bupati Pangandaran.

“Mereka akan melakukan lari marathon sambil membawa obor ke lapangan. Nanti disana akan disambut prosesi seni sebelum diberikan kepada Bupati Pangandaran,” ujar Cucu Gumilar Ketua Panitia Kirab Api PON XIX kepada Koran HR, Selasa (6/9/2016).

Setelah diterima Bupati, lanjutnya, Api PON akan disemayamkan selama satu malam di Pendopo Kabupaten Pangandaran.

“Untuk menghibur tamu undangan, ada acara peragaan atlet Binaraga Kabupaten Pangandaran dan juga senam Pangandaran berseka yang akan dipamerkankan di hadapan tamu undangan,” imbuhnya.

Sementara itu, setelah satu malam di Pendopo Bupati, Api PON akan diarak menuju ke Kabupaten Tasikmalaya melalui jalur Selatan Jawa Barat yang diserahkan kepada kepada 50 atlet plihan dan 10 Prajurit TNI dari Yon Zipur Panyingkiran Ciamis, dilangsungkan diarak sejauh 2,5 km sampai ke sekertariat Sub PB PON XIX.

“Mudah-mudahan acaranya lancar semua dan semua masyarakat bisa menikmati pagelaran bersejarah ini,” tutupnya. (Askar/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!