Koramil 1313 Banjar Bantu Korban Longsor

15/09/2016 0 Comments
Koramil 1313 Banjar Bantu Korban Longsor

Anggota Koramil 1313 Banjar, bersama petugas Linmas, BPBD dan masyarakat, bergotong-royong memperbaiki dan menyingkirkan material longsor yang menyeret dapur rumah milik salah seorang warga di Lingkungan Katapang, RT.3/1, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar. Photo: Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Jajaran Koramil 1313 Banjar, bersama Camat Purwaharja, Linmas, Perangkat Kelurahan Karangpanimbal dan masyarakat, bergotong-royong membantu korban tanah longsor di Lingkungan Katapang, RT.3/1, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Rabu (14/09/2016), sekitar jam 09.00 WIB.

Mereka bergotong-royong memperbaiki dan menyingkirkan material longsor yang menyeret dapur rumah milik salah seorang warga bernama Mamat (56), yang terjadi pada Sabtu (10/09/2016) lalu.

Selain itu, mereka pun membuat bronjong dengan cara memasukan tanah ke puluhan karung yang telah disediakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar. Kemudian ditumpuk menjadi sebuah penguat supaya tidak lagi terjadi longsor.

Danramil 1313 Banjar, Mayor. Deni Rachyudi, didampingi Wadanramil 1313 Banjar, Kapten. Maulana Yusuf, mengatakan, kegiatan ini merupakan karya bhakti dan kepedulian TNI kepada masyarakat.

“Dalam kerja bhakti ini kami menerjunkan 12 anggota, dan ini sebagai bentuk kepedulian kami dari TNI kepada masyarakat,” kata Deni Rachyudi, kepada Koran HR, saat ditemui disela-sela kegiatan.

Sementara itu, Kasi. Kesiapsiagaan BPBD Kota Banjar, Asep Setiadi, mengatakan, bahwa daerah tersebut merupakan daerah rawan longsor dan terdapat kurang lebih sepuluh rumah yang berada di bantaran tebing.

“Kejadian longsor di sini untuk yang kedua kalinya. Jika dulu masih retak-retak dan longsoran kecil, namun untuk yang sekarang lebih parah,” terangnya.

Pihak BPBD bersama TNI, Linmas dan masyarakat setempat telah melaksanakan gotong-royong membuat bronjong. Menurut Asep, hal ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya longsor lanjutan. Karena sudah ada lima titik patahan tebing di lokasi tersebut.

Di tempat yang sama, Camat Purwaharja, Nia Kania Permasih, S.STP., mengucapkan terima kasih kepada Koramil 1313 Banjar, BPBD, Linmas dan masyarakat yang telah membantu meringankan beban warganya yang terkena musibah tanah longsor.

“Kami mewakili warga di sini mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu. Semoga dengan kerja bhakti ini bisa meringankan beban korban, dan kerjasama ini semoga terus berlanjut,” ucap Nia.

Tebing setinggi tujuh meter dan panjang 20 meter ini longsor pada hari Sabtu (10/09/2016), sekitar jam 06.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun korban mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Untuk itu, Nia menghimbau kepada warga yang rumahnya di atas tebing, agar selalu waspada dan hati-hati. Jika hujan terus mengguyur, untuk sementara mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Saya menghimbau kepada warga agar selalu waspada dalam memasuki musim hujan seperti sekarang ini, dan saya meminta warga untuk selalu berkoordinasi,” harap Nia. (Hermanto/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!