Kreatifitas Seni di Banjar Mulai Menggeliat

18/09/2016 0 Comments
Kreatifitas Seni di Banjar Mulai Menggeliat

Arif Genggong (33), saat mengerjakan lukisan dinding di rumah seorang pengusaha di Kabupaten Pangandaran. Photo: Hermnato/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Seni merupakan suatu ekspresi diri yang dituangkan dalam sebuah karya. Sehingga, seni sangat sulit untuk dijelaskan karena memiliki banyak makna. Namun, dapat juga dijelaskan bahwa seni merupakan sebuah sinonim dari sebuah ilmu yang awalnya dari manusia itu sendiri, serta seni juga dapat dilihat dari intisari dan kreatifitas manusianya.

Tidak heran kalau di Kota Banjar kini tumbuh para seniman-seniman muda yang sudah bisa menghasilkan sebuah karya dan mempunyai nilai jual tinggi. Seperti seni musik, seni lukis, seni ukir, seni rupa serta kreatifitas-kreatifitas lainnya yang berbau seni.

Seperti diungkapkan salah seorang seniman lukis dinding asal Kota Banjar, Arif Genggong (33). Pria asli kelahiran Banjar yang tinggal di Dusun Cipantaran, RT 04/19, Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar itu, kini tengah menggeluti seni lukis dinding.

Berbagai pesanan untuk melukis datang dari luar Kota Banjar, seperti Jakarta, Bandung, Pangandaran, dan Cirebon. Namun, kebanyakan dirinya diminta untuk melukis tiga dimensi pada dinding.

Menurut Arif, lukisan dinding merupakan cara kreatif untuk menghidupkan dinding yang kosong, tapi setelah dilukis dapat menyentuh sisi emosi dan mampu memberikan sisi filosofis.

“Hasil dari lukisan dinding dapat menyenangkan suasana. Selain itu, juga dapat merangsang energi positif,” terang Arif, saat ditemui Koran HR di rumah kreatif miliknya, Selasa (13/09/2016) lalu.

Dia pun mengaku kerap dipesan konsumen untuk melukis sebuah dinding kamar. Kebanyakan konsumen meminta melukis dinding kamar rumah dan kamar anak-anaknya. Harganya memang bervariatif, mulai dari Rp.5 juta hingga Rp.15 juta, tergantung objek dinding yang akan dilukisnya.

“Kebanyakan pesanan melukis dinding kamar. Hal ini menurut konsumen untuk mengembalikan suasana baru di dalam kamarnya, sehingga tidak merasa bosan dan pengap,” imbuhnya.

Untuk menghasilkan karya seni lukis yang indah, tentunya harus dikerjakan oleh seorang pelukis yang profesional dan mempunyai jiwa seni yang tinggi, sehingga hasilnya menjadi sebuah karya seni yang elegan.

Tidak hanya seni melukis dinding, konsumen pun kerap meminta kepadanya untuk membuatkan taman minimalis, lantai epoxy dan interior. (Hermanto/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!