Pemda Ciamis Diminta Siapkan Damkar di Tiap Kecamatan

18/09/2016 0 Comments
Pemda Ciamis Diminta Siapkan Damkar di Tiap Kecamatan

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Beberapa peristiwa kebakaran rumah yang terjadi di wilayah Ciamis utara menimbulkan kerugian material yang besar bagi para korban. Sebab, saat api menjilat rumah warga tidak ada mobil pemadam kebakaran (damkar). Ketiadaan fasilitas Damkar inilah kerap menimbulkan sorotan masyarakat.

Warga Ciamis utara berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis menyediakan Damkar yang representatif. Sehingga, saat terjadi kebakaran fasilitas tersebut bisa meminimalisir dampak kebakaran.

Cucu (60), warga Dusun Singandaru, Desa Kawalimukti, ketika ditemui Koran HR, Selasa (13/09/2016) lalu, mengatakan, sangat miris bila di wilayah Ciamis utara tidak ada Damkar. Sebab, Ciamis wilayah utara memiliki wilayah yang cukup luas.

Menurut Cucu, dengan cakupan wilayah yang sangat luas sangat tepat bila di setiap eks kewedanaan tersedia mobil Damkar. Keperluan adanya mobil Damkar yang siaga menjadi sangat urgent.

“Sebab, setiap terjadi kebakaran rumah mobil Damkar sering terlambat datang. Dengan adanya Damkar, bisa dilakukan pencegahan dini terhadap kebakaran,” katanya.

Senada dengan itu, Edi Herdiana (32), warga Desa Cintanagara, Kecamatan Jatinagara, mengatakan, menilai tidak efektif bila setiap terjadi kebakaran hanya mengandalkan Damkar dari Ciamis

Menurut dia, jarak tempuh dari kabupaten menuju sejumlah desa yang ada di wilayah Ciamis utara cukup jauh. Sehingga dikhawatirkan pertolongan saat terjadinya kebakaran tidak bisa dilakukan dengan cepat.

Kepala Desa Ciakar, Sulaeman Nurdjamal, ketika dimintai tanggapan oleh Koran HR, Selasa (13/09/2016) lalu, melalui telepon genggamnya, mengatakan, keberadaan mobil pemadam kebakaran untuk di wilayah Ciamis utara merupakan kebutuhan yang sifatnya mendesak.

Menurut dia, dari sekian kebakaran rumah yang terjadi di setiap wilayah, pada umumnya tidak bisa terselamatkan alias ludes terbakar. Kebakaran yang pernah terjadi membuat banyak pihak tercengang karena tidak bisa berbuat banyak.

Menyikapi banyaknya kebakaran rumah yang tidak bisa diselamatkan dari santapan si jago merah, dia berharap usulan pengadaan pemadam kebakaran di setiap eks kewadanaan dapat dipertimbangkan dan dipenuhi oleh pemerintah.

“Bagaimana kedepannya mobil damkar bisa tersedia di setiap eks kewedanaan atu di setiap kecamatan,” katanya. (Dji/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!