Pemdes Batulawang Banjar Alokasikan ADD untuk Infrastruktur & Pemberdayaan

20/09/2016 0 Comments
Pemdes Batulawang Banjar Alokasikan ADD untuk Infrastruktur & Pemberdayaan

Penambahan ruangan Kantor Desa Batulawang saat ini masih dalam tahap pengerjaan. Photo: Muhafid/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pada pencairan Dana Desa (DD) tahap kedua tahun anggaran 2016, Pemerintah Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, merealisasikan pembangunan infrastruktur. Sedangkan, Alokasi Dana Desa (ADD) dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat.

Kepala Desa Batulawang, Ani Sumarna, saat ditemui Koran HR di ruang kerjanya, Selasa (13/09/2016), mengatakan, setelah pencairan tahap pertama selesai direalisasikan untuk pembangunan infrastruktur, di tahap kedua pencaira anggaran tahun 2016 ini juga masih digunakan untuk pembangunan infrastruktur, seperti pembangunan Kantor Desa Batulawang.

“Pembangunan infrastruktur berupa pembuatan kantor atau balai dusun di satu titik dan penambahan ruangan kantor desa yang diambil dari dana desa,” terangnya.

Selain pembangunan kantor, Dana Desa juga dipergunakan untuk perbaikan infrastruktur jalan pemukiman warga dan pembuatan sarana air bersih yang berjumlah 8 titik, sesuai jumlah rukun warga (RW) yang ada di Desa Batulawang.

Dalam pembuatan sarana air bersih, lanjut Ani, pihak pemerintah desa hanya memfasilitasi pengeborannya saja, sedangkan fasilitas lainnya warga sendiri yang akan secara mandiri melengkapi untuk sarana tersebut.

Sementara itu, untuk ADD, Pemerintah Desa Batulawang merealisasikan pembangunan fisik seperti pemeliharaan turap/talud bronjong dan kirmir. Sedangkan, untuk penyelenggaraan kegiatan non fisik direalisasikan melalui pembinaan kemasyarakatan, pelatihan keamanan dan ketertiban, pelatihan serta pembinaan Posyandu kepada kader.

“Nah, untuk  bantuan sosialnya, kita akan memberikan supply barang bagi pembangunan rumah tidak layak huni kepada warga miskin. Sementara pada bidang keagamaan, kita juga akan memberikan supply barang ke madrasah yang sedang dibangun,” pungkas Ani. (Muhafid/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!