Program Rutilahu di Ciamis Ini Dibantu Swadaya Masyarakat

27/09/2016 0 Comments
Program Rutilahu di Ciamis Ini Dibantu Swadaya Masyarakat

Petugas TKSK Kecamatan Pamarican saat meninjau rumah program Rutilahu. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Rumah milik Rumini (54), warga Dusun Karangsari, RT 03 RW 03, Desa Bangunsari, Kecamatan Pamarican, Kabupatem Ciamis, Jawa Barat akhirnya selesai dibangun oleh swadaya masyarakat dan bantuan dana dari Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui program Rumah Tidak Layak Huni (rutilahu) tahun 2016.

Kepala Desa Bangunsari, Subhan Hadi Suroso, kepada Koran HR, pekan lalu membenarkan, pembangunan rumah milik Rumini bisa selesai berkat bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis ditambah dorongan swadaya dari lingkungan.

“Sesuai pengajuan kami, Alhamdulillah rumah ibu Rumini sudah berdiri. Ini juga berkat bantuan dana Rutilahu ditambah swadaya masyarakat. Sebelumnya, rumah ibu Rumini ini hanya berukuran kecil serta berdindingkan bilik bambu dan beratapkan terpal. Namun kini rumahnya sudah bisa dihuni dengan aman,” katanya.

Lebih lanjut, Subhan menuturkan, dua unit rumah yang saat ini mendapatkan bantuan program Rutilahu, yaitu rumah Rumini dan Ratmini (60) RT 07 RW 02, Dusun Kubangpari. Keduanya merupakan janda tua dengan latar belakang ekonomi sangat minim.

“Dengan adanya bantuan Rutilahu ini, kedua janda tua ini bisa tinggal di tempat yang nyaman,” katanya.

Petugas TKSK Kecamatan Pamarican, Ana Suryana, S.Ip, menjelaskan bahwa di wilayah Kecamatan Pamarican terdapat sekitar delapan penerima manfaat program Rutilahu.

“Dua di Desa Bangunsari, tiga di Desa Kertahayu, satu di Desa Neglasari dan dua di Desa Margajaya,” katanya.

Menurut Ana, meski bantuan dana Rutilahu hanyan Rp 10 juta, tapi masyarakat beserta penerima manfaat sangat antusias. Bahkan swadaya masyarakat Pamarican sangat tinggi, sehingga pembangunan rumah warga penerima cepat selesai.

Ditemui terpisah, Rumini, penerima manfaat, mengaku sangat terbantu dengan adanya program Rutilahu dan swadaya masyarakat. Menurut dia, berkat hal itu dirinya saat ini bisa menempati rumah yang lebih layak.

Selain mendapat bantuan dari pemerintah dan swadaya masyarakat, para penerima manfaat juga mendapat bantuan atau sumbangan dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ciamis.

“Saya sangat mengapresiasi antusias warga Pamarican yang ikut peduli memberikan bantuan materi serta tenaganya. Mudah-mudahan, dengan adanya program rutilahu ini, semua warga miskin yang tidak mempunyai tempat tinggal, nantinya bisa mempunyai tempat tinggal yang layak serta aman untuk dihuni,” kata Drs. Wagino, Anggota DPRD. (Suherman/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!