Punya Kebiasaan Menggeretak Jari? Ini Bahayanya

23/09/2016 0 Comments
Punya Kebiasaan Menggeretak Jari? Ini Bahayanya

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Apakah kamu memiliki kebiasaan menggeretak jari atau menekan bagian sendi di jari sehingga mengeluarkan bunyi tertentu? Mungkin kebiasaan itu kamu lakukan saat sedang lelah, dan setelah menggeretak kamu beranggapan rasa lelahmu menghilang.

Sepintas kebiasaan ini tampak biasa saja. Namun, menurut para peneliti di Harvard Medical School, bahwa resiko terkena arthritis atau peradangan sendi bagi orang yang suka menggeretak jari cenderung meningkat, dibandingkan dengan mereka yang tidak suka melakukan kebiasaan tersebut.

Kemudian, penelitian yang dilakukan di University of Alberta, Edmonton, pada tahun 2015 melakukan tes MRI guna mengetahui apa yang terjadi pada sendi jari orang yang suka menggeretak.

Hasil scan itu menunjukkan bahwa keretakan di sendi terjadi ketika mereka menggeretak jari, lalu muncul gelembung udara yang terbentuk akibat cairan sinovial yang melumasi sendi.

“Temuan ini tidak terduga sebelumnya. Jadi bagi mereka yang suka menggeretak jari sebaiknya hentikan kebiasaan itu,” tulis peneliti. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!