Ribuan Warga Ciamis Sambut Kirab Api PON XIX

07/09/2016 0 Comments
Ribuan Warga Ciamis Sambut Kirab Api PON XIX

Penyerahan Api PON XIX ke Bupati Ciamis oleh Ari, salah satu atlit legendaris asal Ciamis. Photo: Heri Herdianto/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dalam menyambut kemeriahan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX dan Papernas XV tahun 2016, Kabupaten Ciamis menjadi salah satu daerah yang disinggahi kirab api PON dari Kabupaten Indramayu.

Ketua KONI Kabupaten Ciamis, Yasmin Sambas, menyampaikan, kirab api PON XIX berlangsung setelah penyalaan api abadi dari Desa Majakerta, Kabupaten Indramayu, pada Senin (5/9/2016) lalu, Kabupaten Ciamis menjadi tempat ke 6 daerah yang disinggahi .

“Ini menjadi sejarah bagi masyarakat, khususnya Ciamis, dalam meramaikan penyambutan pesta olahraga nasional,” ujarnya kepada HR Online, Selasa (6/9/2016).

Dari Pantauan HR Online, dalam menyambut pasukan kirab api, ribuan masyarakat Ciamis berbondong-bondong menyaksikan proses penyerahan api PON kepada Bupati Ciamis yang langsung diberikan salah satu atlit legendaris asal Ciamis, Ari.

Adapun rute yang dilewati pasukan kirab PON XIX dan Peparnas XV 2016 Jawa Barat adalah:

  1. Pada Senin, 5 September 2016, penyalaan api pertama diambil langsung dari api abadi di Desa Majakerta, Kabupaten Indramayu yang dilanjut menuju Cirebon.
  2. Pada Selasa, 6 September 2016, pasukan kirab melanjutkan perjalanan dari Cirebon menuju Kabupaten Majalengka dan singgah di Kabupaten Ciamis.
  3. Pada Rabu, 7 September 2016, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kota Banjar.
  4. Pada Kamis, 8 September 2016, pasukan kirab bertolak ke Kabupaten Pangandaran dilanjutkan ke Kabupaten Tasikmalaya diteruskan ke Kota Tasikmalaya dan istirahat di Kabupaten Garut.
  5. Pada Jum’at, 9 September 2016, rombongan bertolak menuju Kabupaten Sumedang dilangsungkan ke Subang dan istirahat di Kabupaten Purwakarta.
  6. Pada Sabtu, 10 September 2016, pasukan langsung bertolak menuju Karawang dan berhenti di Kabupaten Sukabumi.
  7. Pada Minggu hingga Senin, 11-12 September 2016, karena bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha, api PON ditempatkan di Pendopo Walikota Bekasi.
  8. Pada Selasa, 13 September 2016, rombongan langsung bertolak menuju Kota Depok, Kabupaten Bogor dan istirahat di Kota Bogor.
  9. Pada Rabu, 14 September 2016 dinihari, pasukan melakukan keliling  dari Kota Bogor dilangsungkan menuju Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi dan berakhir di Kabupaten Cianjur.
  10. Pada Kamis, 15 September 2016, rombongan langsung bergerak menuju Kabupaten Bandung Barat, Cimahi dan berhenti di Kabupaten Bandung.
  11. Pada Jum’at, 16 September 2016, pasukan kirab api bergerak menuju Kota Bandung dan berakhir di Gedung Sate.
  12. Sedangkan pada 17 September 2016, pasukan kirab api langsung dari Gedung Sate bergerak menuju lokasi upacara pembukaan dan penutupan PON XIX tahun 2016 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). (Heri/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!