Tiga Titik Lokasi Gorong-Gorong di Ciamis Ambruk

29/09/2016 0 Comments
Tiga Titik Lokasi Gorong-Gorong di Ciamis Ambruk

Gorong-gorong Jembatan Kijaya yang terletak di Dusun Mekarjaya, Desa Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, baru-baru ini ambruk. Gorong-gorong jembatan penghubung poros antara Desa Sindangrasa dan Desa Cigayam ini ambruk setelah pengalihan lajur kendaraan jalan utama Cikohkol-Cigayam belum lama ini. Photo : Suherman/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Gorong-gorong Jembatan Kijaya yang terletak di Dusun Mekarjaya, Desa Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, baru-baru ini ambruk. Gorong-gorong jembatan penghubung poros antara Desa Sindangrasa dan Desa Cigayam ini ambruk setelah pengalihan lajur kendaraan jalan utama Cikohkol-Cigayam belum lama ini.

Ketua BPD Desa Cigayam, Yanto, ketika ditemui Koran HR, Selasa (27/09/2016) lalu, mengatakan, ambruknya gorong-gorong Jembatan Kijaya itu diakibatkan banyaknya kendaraan bermuatan melebihi tonase yang masuk ke jalan tersebut.

“Karena ada pekerjaan jalan Cikohkol-Cigayam, lajur utama menuju Banjaranyar sepenuhnya dialihkan ke jalan Sindangrasa-Cigayam. Otomatis kendaraan besar masuk ke jalan ini. Akibatnya gorong-gorong jembatan ambruk, terlebih usia jembatan ini sudah usang, yaitu dibangun pada tahun 1970,” katanya.

Kepala Desa, Cigayam Dodi Haryana, ketika ditemui Koran HR, Selasa (27/09/2016) lalu, membenarkan, gorong-orong tersebut ambruk akibat tidak kuat menahan beban kendaraan bermuatan melebihi tonase.

“Di desa kami, tepatnya di Dusun Mekarjaya, ada dua gorong-gorong yang mengalami kerusakan. Yaitu gorong-gorong Jembatan Kijaya dan gorong-gorong Cibarengkok. Semuanya rusak akibat adanya pengalihan jalur utama Cikohkol-Cigayam,” katanya.

Akibat adanya dua gorong-gorong yang rusak, lanjut Dodi, pihaknya melayangkan permohonan bantuan perbaikan yang ditujukan kepada Dinas Binamarga Kabupaten Ciamis. Dia sangat berharap, permohonan itu segera ditindaklanjuti.

Senada dengan itu, Kepala Desa Sindangrasa, Juen Budiana, ketika ditemui Koran HR, Selasa (27/09/2016), membenarkan, di jalur desa Sindangrasa terdapat gorong-gorong yang ambruk akibat banyak dilalui kendaraan yang melebihi tonase. Menurut dia, gorong-gorong yang ambruk berada di Dusun Pasiripis atau dikerap dinamakan Cukang Arcakuda.

Camat Banjaranyar, Wawan Hermawan, SST.M.Si, didampingi Kasie Pembangunan, Heliana Arief Surahman, S.Sos, menuturkan bahwa ada beberapa titik gorong-gorong yang ambruk pasca dalihkan nya jalur utama Cikohkol-Cigayam.

“Dari hasil peninjauan kami secara langsung ke lapangan, di jalur Sindangrasa-Cigayam ini ada tiga titik gorong-gorong yang rusak. Diantaranya gorong-gorong Jembatan Kijaya, dan Cembatan Cibarengkok di Desa Cigayam, dan satu lagi gorong-gorong Arcakuda di Dusun Pasiripis Desa Sindangrasa,” katanya.

Pantauan Koran HR di lapangan, pasca dialihkannya jalur utama Cikohkol-Cigayam, selain tiga gorong-gorong yang ambrol, jalan aspal yang baru selesai dikerjakan oleh pihak rekanan kini rusak dan  terancam hancur. (Suherman/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!