Tingkatkan IT, SMKN 3 Kota Banjar Dirikan Mini ISP

27/09/2016 0 Comments
Tingkatkan IT, SMKN 3 Kota Banjar Dirikan Mini ISP

Kepala SMKN 3 Banjar menandatangani MoU pembentukan Mini-ISP dengan PT. Skyline Semesta, bertempat di kampus SMKN 3 Banjar, belum lama ini. Photo: Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Guna meningkatkan kompetensi siswa dalam hal pemanfaatan teknologi informasi (IT), SMKN 3 Kota Banjar, bekerjasama dengan PT. Skyline Semesta Jakarta, mengembangkan jaringan internet dengan mendirikan Mini ISP (Internet Service Provider).

Kerjasama dengan perusahaan swasta nasional yang menyelenggarakan jasa koneksi internet itu, dituangkannya dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di sekolah tersebut, belum lama ini, disaksikan perwakilan Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud, Disdikbud Jabar dan Kepala Disdikbud Kota Banjar, serta dihadiri Kepala SMA/SMK se-Kota Banjar, Camat Langensari dan Kades/Lurah se-Kecamatan Langensari.

Kepala SMKN 3 Banjar, Drs. H. An-Nur, M.Pd., usai kegiatan, mengatakan, kerjasama ini sebagai bentuk upaya meningkatkan kompetensi siswa didiknya agar pengaksesan internet lebih terjamin, atau untuk menunjang keterserapan informasi.

“Kami tak ingin siswa-siswi yang bersekolah di sini terhambat dalam pengaksesan internet, sebab sangat diperlukan atas tuntutan untuk memiliki teknologi yang mumpuni. Makanya kita dirikan Mini ISP,” ucapnya.

Menurutnya, Mini-ISP yang akan didirikan di lokasi SMKN 3 ini nantinya mampu menjangkau lebih dari radius 30 kilometer seputar wilayah Kota Banjar. “Pokoknya banyak manfaat yang akan didapat, seperti siswa yang masih belajar di sini maupun para alumni berkesempatan menjadi operator tetap Mini ISP,” jelas dia.

Sementara itu, perwakilan Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud, Herdiana Mulyono, ST., M.BA., menyebutkan, kerjasama ini merupakan suatu wujud nyata dari program nasional yang menuntut instansi pendidikan memiliki teknologi memadai.

“Ya inilah SMKN 3 Banjar, sekolah terpilih di Kota Banjar menjalin kerjasama dengan PT. Skyline Semesta, dibentuk Mini-ISP,” imbuhnya.

Menurut Herdiana, SMKN 3 Banjar ini sekolah yang berada di gerbang pintu Timur Jabar, sudah sepantasnya menjadi etalase yang menampilkan citra Jabar dalam kemajuan di bidang teknologi dan pendidikan.

MINI-ISP, selain manfaatnya untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam bidang IT, juga siswa dan lulusan agar mampu mengembangkan jiwa wirausaha. Setiap tahunnya dipastikan siswa lulusan SMKN 3 akan direkrut pegawai, tak terkecuali siswa sekolah lainnya di Indonesia.

Perwakilan Disdikbud Jabar, Edi Purwanto, menambahkan, kerjasama ini dapat membuka jalan terlaksananya program Disdikbud Jabar Smart School. “Tentunya pengembangan teknologi ini, siswa akan memliki kemampuan yang lebih mumpuni dan sekolah pun dapat mempunyai akses informasi yang cepat, sehingga memberikan pelayanan yang lebih baik,” jelasnya.

Intinya, kata Edi, pihaknya berharap kerjasama ini menjadikan SMKN 3 Banjar lebih berkembang, khususnya bidang teknologi, dan akhirnya akan mampu meningkatkan kesejahteraan di Kota Banjar. (Nanks/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!