Waduh, Ikan Asin Berformalin Beredar di Pasar Banjar

23/09/2016 0 Comments
Waduh, Ikan Asin Berformalin Beredar di Pasar Banjar

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Makanan yang mengandung zat formalin, kini masih banyak beredar di Kota Banjar. Cairan kimia yang digunakan untuk mengawetkan mayat itu banyak dipakai untuk mengawetkan makanan, salah satunya digunakan pada ikan asin.

Berdasarkan hasil sidak Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjar, pekan lalu di Pasar Banjar, petugas menemukan beberapa ikan asin yang dijual mengandung zat formalin.

Hal ini dikatakan Plt. Kabid Perdagangan Disperindagkop Kota Banjar, Rahmat Barkah, saat ditemui Koran HR di ruang kerjanya, Senin (19/09/2016) lalu. Menurutnya, saat melakukan sidak, pihaknya banyak menemukan makanan yang mengandung zat formalin, salah satunya adalah ikan asin buntung dan ikan teri.

“Kami melakukan sidak satu hari setelah Hari Raya Idul Adha, dan kami menemukan beberapa makanan di Pasar Banjar yang mengandung zat formalin. Kami pun baru mengambil sempling dua makanan, yakni ikan asin buntung dan teri. Selain itu, petugas juga menemukan terasi yang mengandung zat pewarna” kata Rahmat. (Hermanto/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!