Warga Sebut Tunggul Pohon Jadi Penyebab Longsor di Nasol Ciamis

17/09/2016 0 Comments
Warga Sebut Tunggul Pohon Jadi Penyebab Longsor di Nasol Ciamis

Masyarakat Desa Nasol, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, saat berusaha membersihkan saluran irigasi dari tunggul pohon. Photo: Tantan/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Tebing longsor yang terjadi di Lingkungan Ar-Rohman, RT.09, RW.03, Dusun Desa, Desa Nasol, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, akibat dari adanya saluran irigasi yang meluap, Sabtu (17/09/2016).

Ujang, warga setempat, mengatakan, saluran irigasi meluap diakibatkan oleh sisa-sisa tunggul pohon yang amblas berada di sekitar irigasi yang menutupi saluaran tersebut. Dampak amblasnya tunggul pohon mengakibatkan air meluber dan masuk ke retakan tebing yang berada persis di pinggir saluran irigasi. [Baca berita terkait; Longsor di Ciamis, Keselamatan 6 Kepala Keluarga Terancam].

“Otomatis air yang masuk ke dalam retakan tanah mengakibatkan longsor, karena tebing tersebut belum dipasang tembok penahan tebing,” terang Ujang, kepada HR Online, saat ditemui di lokasi.

Dia juga mengatakan, bahwa warga setempat sangat khawatir apabila malam nanti intensitas hujan yang tinggi kembali terjadi. Karena tidak menutup kemungkinan apabila malam nanti hujan turun sama seperti malam tadi, maka longsor akan menyapu rumah yang berada tepat di bawah tebing tersebut. (Tantan/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!