139.716 Warga Ciamis Belum Lakukan Rekam E-KTP

08/10/2016 0 Comments
139.716 Warga Ciamis Belum Lakukan Rekam E-KTP

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kasi Sistem Teknologi dan Informasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis, Ahmad Zainudin, ketika ditemui Koran HR, Selasa (04/09/2016) lalu, menyebutkan, masih banyak warga Ciamis yang belum melakukam proses rekam data untuk Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik. 

Zainudin menjelaskan, terhitung sampai tanggal 23 September 2016, jumlah warga Ciamis yang belum melakukan proses rekam data untuk E-KTP mencapai sekitar 139.716 orang wajib E-KTP. 

Kepada Koran HR, Zainudin menuturkan, Surat Edaran dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) sebelumnya, terkait batas waktu perekaman E-KTP tanggal 30 September, cukup memberikan pengaruh.

“Walaupun bisa dibilang surat edaran mendagri tidak bersifat wajib dan tidak ada sanksi, namun sangat berdampak dan berpengaruh terhadap kesadaran masyarakat untuk melakukan perekaman. Dan setiap hari sedikitnya 600 orang melaksanakan perekaman,” katanya.

Zainudin menjelaskan, pihaknya sampai saat ini terus berusaha melakukan upaya jemput bola layanan rekam E-KTP ke sejumlah wilayah, diantaranya Kecamatan Jatinagara, Sindangkasih, Panjalu dan Cimaragas.

Di balik itu, Zainudin menambahkan, pihaknya masih menghadapi kendala dalam ketersediaan blanko E-KTP. Menurut dia, selama ini blanko E-KTP disuplai dari pemerintah pusat. 

“Informasi yang kami terima, blanko E-KTP baru dikirim Bula November. Warga yang sudah rekam E-KTP sejak Bulan Agustus sampai saat ini saja belum bisa tercetak. Selain masalah blanko, kami juga terkendala Sumber Daya Manusia (SDM) operator,” katanya. (DSW/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!