Akhirnya, Jembatan Cipamutih Pamarican Ciamis Ambruk

24/10/2016 1 Comment
Akhirnya, Jembatan Cipamutih Pamarican Ciamis Ambruk

Pondasi Jembatan Cipamutih di Dusun Sukamaju, Desa Sukajaya, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, saat kondisinya masih ambrol. Kini, jembatan tersebut ambruk dan sudah tidak bisa lagi dilewati kendaraan. Photo: Suherman/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Jembatan Cipamutih yang berada di Dusun Sukamaju, Desa Sukajaya, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kembali ambruk pada Senin (24/10/2016) pagi tadi. Sebelumnya, yakni pada pekan lalu, bagian pondasi jembatan telah mengalami ambrol.

Pantauan HR Online di lapangan, saat ini Jembatan Cipamutih yang menjadi akses masyarakat menuju ke daerah perkotaan itu sudah tidak bisa lagi dilalui, baik pengendara roda empat maupun roda dua. [Baca berita terkait; Pondasi Jembatan Cipamutih Pamarican Ciamis Ambrol].

“Ini adalah ambruk susulan, setelah sepekan yang lalau ambrol di bagian pondasi, sehingga saat ini Jembatan Cipamutih total tidak bisa dilalui oleh warga,” kata Kepala Desa Sukajaya, Rosid, kepada HR Online, saat dirinya tengah meninjau lokasi amruknya Jembatan Cipamutih.

Dia juga menyebutkan, bahwa jembatan yang dibangun sejak tahun 1996 dari Program Peningkatan Pembangunan Desa Tertinggal (P3DT) itu, baru ada perbaikan pada tahun 2013 lalu.

Namun, perbaikan yang dilakukan waktu itu hanya pengecoran di bagian atasnya saja, sementara bagian pondasinya tidak direnofasi karena saat itu kondisinya masih terlihat kokoh.

“Tapi pada waktu terjadi banjir beberapa waktu lalu, derasnya air Sungai Cipamutih membuat tebing di bibir sungai longsor dan menggerus bagian pondasi jembatan,” terang Rosid.

Ditemui di tempat yang sama, Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Ciamis, Wagino, mengatakan, Jembatan Cipamutih sudah saatnya mendapat perhatian dari Pemkab Ciamis, mengingat jembatan tersebut sebagai akses jalan poros masyarakat menuju daerah perkotaan.

“Meski ini statusnya jalan desa, namun kerusakan ini sudah semestinya mendapatkan perhatian dari Pemkab Ciamis, karena dari sisi anggaran masih bisa didanai dari APBD Kabupaten,” katanya.

Menurut Wagino, kondisi jembatan harus direhab total atau bongkar bangun, sehingga pemerintah setidaknya harus menggelontorkan biaya antara Rp.500 juta hingga Rp.700 juta.

“Mengingat kondisinya memang sudah tidak mungkin hanya direnovasi saja, maka saya tetap berusaha untuk mengusulkan jembatan ini dibangun agar roda perekonomian masyarakat Desa Sukajaya tidak terkendala,” jelasnya.

Walaupun tidak ada korban jiwa dalam kejadian ambruknya Jembatan Cipamutih, namun akses masyarakat kini menjadi terhambat. Warga Desa Sukajaya kini berharap Pemkab Ciamis bisa segera membangun jembatan darurat sebelum adanya upaya perbaikan total. (Suherman/R3/HR-Online)

About author

Related articles

1 Comment

    Leave a Reply