Akibat Terlilit Kemiskinan, Kakek di Ciamis Ini Mengandalkan Pemberian Tetangga

23/10/2016 1 Comment
Akibat Terlilit Kemiskinan, Kakek di Ciamis Ini Mengandalkan Pemberian Tetangga

Majingun (75) saat di rumah miliknya di Dusun Cisaar, RT 05 RW 02, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis. Photo: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Majingun (75), kakek renta warga Dusun Cisaar, RT 05 RW 02, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tinggal di sebuah gubuk berukuran 2 x 3 meter yang dibangun di atas lahan milik orang lain.

Saat ditemui Koran HR, Senin (17/10/2016) pekan lalu, Majingun dalam kondisi sakit. Dia mengaku selama ini hidup dari mengandalkan belas kasihan para tetangga. Dia juga berharap bisa pergi ke dokter dan mengobati penyakit sebagaimana orang lain.

“Saya punya BPJS (KIS), tapi bingung bagaimana cara menggunakannya. Sekarang saya hanya berharap bisa berobat dan ada orang yang peduli dengan kondisi saya,” katanya sambil mengigil menahan demam.

Sarinah (51), tetangga Majingun, membenarkan, sehari-hari Kakek Majingun yang tinggal seorang diri itu mengandalkan keperluan sehari-hari, seperti makan dan minum dari pemberian tetangga. 

“Disini dia (kakek Majingun) tinggal sendiri. Saat sakit seperti ini, saya kasihan sama dia. Tapi saya tidak bisa berbuat banyak karena keadaan saya juga terbatas,” katanya.

Kemiskinan yang melilit kakek Majingun membuat prihatin banyak tetangga. Mereka menyayangkan kurang adanya respon dari pemerintah dalam menanggulangi masalah kemiskinan. Apalagi, kondisi kakek tersebut tidak terpantau sehingga kesulitan menjalani program pengobatan gratis. (Suherman/Koran HR)

About author

Related articles

1 Comment

    Leave a Reply