Akibat Tersumbat Sampah, Jembatan di Banjar Amblas

09/10/2016 0 Comments
Akibat Tersumbat Sampah, Jembatan di Banjar Amblas

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar saat meninjau lokasi jembatan amblas di Jalan Brigjen M Isa yang terletak di Lingkungan Siluman Baru Kelurahan/Kecamatan Purwaharja Kota Banjar, Sabtu (8/10/2016). Photo: Hermanto/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Hujan yang terus mengguyur wilayah Kota Banjar dan sekitarnya sejak siang hari, Sabtu (8/10/2016), membuat sebuah saluran selokan pembuangan di Jalan Brigjen M Isa atau tepatnya di Lingkungan Siluman Baru Kelurahan/Kecamatan Purwaharja Kota Banjar tersumbat. 

Akibatnya, jembatan di jalur utama lintas selatan terkikis dan amblas. Sementara itu, ratusan kubik sampah menutup saluran selokan sehingga gorong-gorong yang ada dibawah jembatan tersebut tersumbat sehingga mengakibatkan banjir.

Tidak hanya itu, akibat sering menjadi langganan banjir di wilayah tersebut, tanah penyangga di jembatan ini pun amblas hingga mengakibatkan trotoar di jalan tersebut jebol dengan kedalaman kurang lebih 1 meter. Sedangkan Jalan Nasional dari arah Jawa Tengah maupun sebaliknya menjadi miring 20 derajat.

Saat meninjau ke lokasi, Kasi kesiapsiagaan BPBD kota Banjar, Asep Setiadi, mengatakan, kemiringan jalan tersebut merupakan bekas amblasnya jalan terdahulu. Menurutnya, hal tersebut diduga dari gorong-gorong yang merupakan pintu air tersumbat, sehingga di wilayah tersebut sering terjadi banjir.

“Diduga akibat gorong-gorongnya kecil dan tersumbat sampah, sehingga tidak mampu menahan gerusan banjir,” ujarnya kepada HR Online.

Selain itu, lanjutnya, puluhan kolam ikan milik warga setempat pun ikut terendam. Asep menghimbau kepada para pengguna jalan agar selalu waspada dan berhati-hati karena di jalan tersebut rawan amblas.

“Kami menghimbau kepada para pengguna jalan, karena di jalan ini rawan amblas,” pungkasnya. (Hermanto/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!