Arbirddan Gelar Tour, Penggila Kicau Mania Serbu Kota Banjar

17/10/2016 0 Comments
Arbirddan Gelar Tour, Penggila Kicau Mania Serbu Kota Banjar

Kontes burung berkicau tingkat nasional yang digelar Komunitas Arena Burung Pawindan (Arbirddan) Kabupaten Ciamis, di lapang Patroman Kota Banjar, Minggu (16/10/2016). Foto: Hermanto/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Dalam rangka tour ke berbagai kota di wilayah Priangan Timur, Komunitas Arena Burung Pawindan (Arbirddan) Kabupaten Ciamis, menggelar kontes burung berkicau tingkat nasional di lapang Patroman Kota Banjar, Jawa Barat, Minggu (16/10/2016). Kontes yang memperebutkan piala Hanjuang ini berhasil menyedot perhatian warga Banjar serta ratusan peserta hingga membludak di arena lapangan.

Para kicau mania ini datang dari Tasikmalaya, Garut, Cirebon, Kuningan, Pangandaran, Sumedang, Bandung, Cilacap, Purwokerto, Purworejo, Solo serta kota-kota lainnya di pulau jawa. Mereka datang dan membawa berbagai jenis burung kicau yang siap untuk dikonteskan. Burung-burung berkicau milik peserta yang siap dikonteskan diantaranya, Murai Batu, Colibry, Anis Merah, Kacer, Cucak Hijau, lovebird, dan jenis burung berkicau lainnya.

Ketua Umum Arbirddan Ciamis, Jepri Angga Supriatna, mengatakan,  acara ini sebagai ajang mempererat silaturahmi dengan para pehobi burung kicau. Selain itu, juga untuk mempersatukan para kicau mania yang ada di seluruh wilayah di tanah air.

“Acara di Banjar ini merupakan tour pertama kami menggelar kontes burung berkicau di luar daerah Ciamis. Setelah Banjar, rencananya kami akan menggelar acara serupa di Pangandaran dan Tasikmalaya. Tour yang kami gelar pun memiliki misi membantu memajukan wisata daerah di kota yang disinggahi acara kontes burung berkicau ini,”ujarnya.

Dalam kontes burung berkicau ini, dibagi menjadi 37 kelas, diantaranya kelas utama Murai Batu Hanjuang dan kelas Lovebird Hanjuang dengan pendaftaran Rp 500.000 per peserta. Di dua kelas tersebut memperebutkan piala Hanjuang dan uang tunai sebesar Rp. 10 juta untuk juara pertama di masing-masing kelas, serta ditambah satu unit sepeda motor.

Untuk kategori kelas utama dalam memperebutkan Piala Hanjuang, juara 1 Murai Batu Hanjuang, berhasil disabet Hasan dari tim TNT Purwokerto Jawa Tengah. Sedangkan untuk juara 1 Lovebird Hanjuang, berhasil diraih H. Rian dari tim Soldadu Kuningan Jawa Barat. Keduanya berhak mendapatkan masing-masing uang sebesar Rp. 10 juta.

Untuk kategori juara umum single figther (sf), berhasil dimenangkan tim Monster SF dari Tasikmalaya Jawa Barat. Sedangkan kategori juara umum bird club (bc), berhasil diraih tim Bayem dari Kuningan Jawa Barat. (Hermanto/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!