Awas! Banyak Minum Kopi Bikin Tubuh Mudah Lelah

03/10/2016 0 Comments
Awas! Banyak Minum Kopi Bikin Tubuh Mudah Lelah

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Para pecandu kopi banyak yang percaya bahwa kandungan kafein yang ada di dalam kopi hitam bisa meningkatkan kinerja hormon adrenal, sehingga mampu menghilangkan rasa kantuk dan lelah.

Namun ternyata sebuah penelitian yang dilansir dari idiva.com, menemukan fakta sebaliknya, bahwa terlalu banyak minum kopi justru akan membuat tubuh manusia menjadi mudah lelah dan mengantuk.

“Kopi adalah minuman yang umum untuk dikonsumsi di pagi hari, karena tidak hanya aromanya yang mampu menggugah selera, tapi kandungan kafein di dalam kopi akan meningkatkan kerja hormon adrenal di dalam tubuh. Sehingga, tubuh manusia akan menjadi waspada, pikiran akan lebih mudah fokus, serta rasa lelah jadi mudah hilang,” tulis penelitian tersebut.

Akan tetapi, lanjut peneliti, terlalu banyak minum kopi di pagi hari justru membuat tubuhmu menjadi ketergantungan. Sebab, tubuh akan cenderung meningkatkan dosis konsumsinya saat dosis yang biasa sudah tak mempan lagi. Akibatnya, tubuh akan mudah lelah tanpa alasan jelas.

Untuk solusinya, cobalah kurangi mengkonsumsi kopi harian. Misal, biasanya kamu minum 1-3 cangkir per hari, maka kurangi menjadi 1 cangkir per hari. Sebagai penggantinya bisa dengan teh yang dapat memberikan suntikan energi, tanpa membuat tubuh merasa ketergantungan. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!