Awas, Jangan Menyimpan Tomat Dalam Lemari Es!

21/10/2016 0 Comments
Awas, Jangan Menyimpan Tomat Dalam Lemari Es!

Photo: Ilsutrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Seperti kita ketahui bahwa tomat adalah buah super sehat yang memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, hingga zat antioksidan. Mengkonsumsi tomat sangat baik untuk mendukung kesehatan mata, kulit, serta tubuh secara keseluruhan.

Tak hanya dikonsumsi secara langsung, buah tomat juga bisa diolah menjadi beragam hidangan sehat, seperti salad, jus, atau sup. Untuk itu, pilih lah buah tomat yang segar agar kamu bisa mendapatkan nutrisinya.

Namun, cara menyimpan tomat juga sangat mempengaruhi kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Jika salah menyimpan tomat, maka kamu akan kehilangan nutrisi pentingnya.

Dilansir dari medicaldaily.com, sebuah penelitian menyarankan jangan menyimpan tomat di dalam lemari es. Alasannya, suhu dingin di bawah 12 derajat celcius akan menghambat pertumbuhan enzim yang membantu untuk mengembangkan rasa alami tomat.

Penelitian yang dilakukan di University of Florida itu menemukan hal tersebut setelah sebelumnya melakukan penelitian pada sejumlah buah tomat yang disimpan di ruangan dengan suhu kamar dan di dalam lemari es.

“Hasilnya, rasa yang ada di dalam buah tomat ini sangat berbeda. Tomat yang disimpan di ruangan dengan suhu normal memiliki rasa yang lebih enak, dibandingkan dengan tomat yang disimpan dalam lemari es,” tulis penelitian tersebut.

Selain mengubah rasa, suhu dingin juga menyebabkan kandungan nutrisi yang ada dalam tomat menjadi tidak terjaga dengan baik. Untuk itu, sebaiknya tomat segar itu disimpan dengan suhu normal, jadi jangan pernah dimasukkan ke dalam kulkas. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!