Banyak Proyek Jalan Kualitasnya Buruk, Ini Kata Dinas PU Pangandaran

27/10/2016 0 Comments
Banyak Proyek Jalan Kualitasnya Buruk, Ini Kata Dinas PU Pangandaran

Warga mengeluhkan kondisi jalan Bangunkarya-Langkaplancar yang kondisinya sudah kembali rusak. Padahal, jalan tersebut baru saja dilakukan perbaikan melalui proyek pengerjaan tahun anggaran 2016 yang dikerjakan pihak rekanan. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Kabid Binamarga Dinas PU, Perhubungan dan Kominfo Kabupaten Pangandaran, Anang Yogaswara, mengatakan, meski terjadi kerusakan pada beberapa proyek infrastruktur, terutama proyek perbaikan jalan, yang didanai anggaran tahun 2016, namun Negara belum dirugikan. Karena proses pengerjaannya masih berjalan dan pihak rekanan belum sepenuhnya mendapat pembayaran dari Negara.

“Jadi, kami masih bisa menuntut kepada pihak rekanan agar memperbaiki kerusakan pada proyek tersebut. Kalau tidak diperbaiki, maka kami tidak akan membayar haknya dari sisa pekerjaan kepada rekanan,” ujarnya, kepada Koran HR, Selasa (25/10/2016).

Anang mengaku pihaknya sudah melakukan pengawasan yang optimal terhadap seluruh proyek pembangunan di Kabupaten Pangandaran. Apabila ada kerusakan, lanjut dia, hal itu merupakan tanggungjawab pihak rekanan. “Yang penting, Negara belum dirugikan. Kalaupun ada kerusakan akibat kualitas pengerjaannya buruk, berarti itu resiko pihak rekanan dan wajib diperbaiki,” katanya.

Anang mengatakan, sebelum melakukan pembayaran penuh kepada pihak rekanan, pihaknya akan mengukur dan mengecek kembali ke lapangan, apakah pengerjaan proyeknya sudah sesuai RAB yang ditentukan atau tidak.

“Kalau tidak sesuai, maka kami akan minta untuk segera diperbaiki dan disesuaikan dengan RAB. Kalau ternyata pihak rekanan tidak sanggup memperbaiki, maka kami akan membayar sesuai dengan kondisi seadaya di lapangan. Mungkin itu sanksi yang akan kami berikan. Hal itu agar ada efek jera supaya kedepan rekanan yang mengerjakan proyek di Pangandaran harus benar-benar mengikuti ketentuan yang ada,” pungkasnya. (Mad/Koran-HR) 

Berita Terkait

DPRD Pangandaran Beberkan Sebab Pengerjaan Proyek Jalan Kualitasnya Buruk

Proyek di Pangandaran Kualitasnya Buruk Karena Tidak Selektif Saat Pilih Rekanan

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!