Begini Cara Pemdes Waringinsari Banjar Tingkatkan SDM Warganya

17/10/2016 0 Comments
Begini Cara Pemdes Waringinsari Banjar Tingkatkan SDM Warganya

Camat Langensari, Asno Sutarno, SP., MP., saat melakukan pembinaan terhadap ketua RT/RW di Desa Waringinsari. Photo: Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Guna merealisasikan dan mewujudkan pemerataan pembangunan serta meningkatkan sumber daya manusia (SDM), Pemerintah Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, memberikan berbagai bentuk pembinaan dan pelatihan kepada warga dan lembaga desanya dengan memanfaatkan program bantuan keuangan yang diterimanya.

“Pembangunan fisik harus berkesinambungan dengan pembangunan SDM masyarakat desa. Makanya kita manfaatkan betul program pemerintah melalui bantuan keuangan desa, dengan memberikan pembinaan dan pelatihan kepada warga dan lembaga desa yang ada,” kata Kepala Desa Waringinsari, Misbahudin, saat ditemui Koran HR, di ruang kerjanya, Selasa (04/10/2016).

Dia menyebutkan, bentuk pembinaan yang telah diberikan pemerintah desa dalam penggunaan keuangan tahap I ini diantaranya pembinaan kerukunan umat beragama, kerukunan masyarakat desa, pembinaan tutor PAUD, kader PKK, LPM, ketua RT/RW dan pembinaan Kamtibmas.

“Semoga dengan berbagai bentuk pembinaan tersebut, warga dan lembaga desa akan semakin memahami kehidupan bermasyarakat dan mendukung kemajuan desanya ini,” harap Misbahudin.

Sekretaris Desa Waringinsari, Sulaeman Zajuli, menjelaskan, selain bidang pembinaan, pihaknya pun telah mampu dan sedang menyelesaikan pembangunan fisik tahap I, seperti kegiatan pemeliharaan jalan, jalan kip atau rabat beton, pemeliharaan drainase/gorong-gorong, serta pemeliharaan turaf/brojong/talud.

Kemudian, untuk bidang penyelenggaraan pemerintahan, terutama pembangunan kantor desa, hingga saat ini sudah mampu menyelesaikan progres sekitar 50 persen lebih. Pihaknya berharap pembangunanya dapat dikerjakan tepat waktu, yakni 120 hari kerja.

Lebih lanjut Sulaeman mengatakan, bahwa anggaran tahap I yang sudah digunakan sebesar Rp.1,64 miliar dengan rincian Dana Desa (DD) Rp.499.696.800, Alokasi Dana Desa (ADD) Rp.1.099.465.020,30, Bagi hasil Pajak Daerah Rp.19.341.076,06, dan Bagi Hasil Retribusi Daerah sebesar Rp.14.630.465,22.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan (PK), Rasiman Ediman, menambahkan, berbagai kegiatan pembinaan dan pelatihan yang dilakasanakan menghadirkan sejumlah narasumber sesuai kegiatan terkait.

“Misalnya, pembinaan kerukunan masyarakat desa dan pembinaan tutor PUAD, kami mengundang narasumbernya dari Kantor PMPDKBPol Kota Banjar. Sedangkan, untuk pembinaan Kamtibmas mengundang pihak kepolisian dari Polsek setempat,” kata Rasiman. (Nanks/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!