Begini Penampakan Galeri Lukisan Prasejarah Terpanjang di Dunia

28/10/2016 0 Comments
Begini Penampakan Galeri Lukisan Prasejarah Terpanjang di Dunia

Nine Mile Canyon. © Flickr/Bureau of Land Management.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Tebing cadas Nine Mile Canyon yang terletak di Utah Timur, Amerika Serikat, bagaikan kanvas alam yang melatari lebih dari 10.000 lukisan zaman prasejarah. Tebing sepanjang 14 kilometer itu dijuluki galeri seni terpanjang di dunia.

Dilansir Amusing Planet, Nine Mile Canyon menyimpan lukisan prasejarah terbanyak di dunia, dan dari 10.000 lukisan yang ada di tebing Nine Mile Canyon, baru 1000 yang sudah diidentifikasi.

Sejumlah arkeolog menduga jumlah lukisan yang belum ditemukan masih ada ratusan ribu, mengingat panjang Nine Mile Canyon sebenarnya mencapai 40 mil. Selain itu, sebagian besar ukiran dan piktograf yang terdapat pada dinding ngarai itu kemungkinan dibuat oleh Indian Fremont, yakni suku primitif yang mendiami wilayah tersebut sejak tahun 300.

Beberapa arkeolog mengatakan, suku Fremont awalnya nomaden, lalu mulai menetap dan bercocok tanam sejak tahun 750, dan mereka mulai mengenal seni lukis antara tahun 950-1250. Itulah zaman keemasan budaya Fremont.

Selanjutnya, pada tahun 1500, keberadaan suku Fremont tidak diketahui lagi rimbanya. Namun, saat ini artifak peninggalan Fremont itu sudah dilindungi oleh negara. Tetapi upaya konservasi lukisan dinding sepanjang 9 mil masih sulit dilakukan. Begitu pula penutupan situs sejarah tersebut juga tak mungkin dilakukan. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!