Belum Dilantik Gelar Kegiatan, Pengurus Kwaran Pramuka Cipaku Ciamis Disoal

18/10/2016 0 Comments
Belum Dilantik Gelar Kegiatan, Pengurus Kwaran Pramuka Cipaku Ciamis Disoal

Logo Pramuka. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kepengurusan Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwaran) Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, disoal. Alasannya karena kepengurusan masa bakti 2016-2021 belum resmi dilantik tapi sudah berani menggelar kegiatan kepramukaan.

Salah seorang sumber yang enggan disebutkan namanya, ketika ditemui Koran HR, Senin (10/10/2016) lalu, menilai bahwa sebelum ada pelantikan pengurus Kwarran yang baru, kegiatan kepramukaan harus dilaksanakan oleh kepengurusan yang lama.

“Pelaksanaan kegiatan yang diambil alih oleh kepengurusan baru bisa dianggap ilegal sebab belum dilantik. Dengan kata lain, Ketua dan pengurus terpilih belum memiliki kewenangan. Bila seperti itu, Ketua dan kepengurusan baru harus ditinjau ulang. Alangkah baiknya bila dilaksanakan Musranlub,” katanya.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua I Kwarran Cipaku, Maman, ketika dihubungi Koran HR, menyebutkan bahwa berdasarkan hasil Musran di tingkat Kecamatan, kepengurusan Kwaran untuk masa bakti 2016-2021 sudah legal.

“Sebab, pemilihan dilaksanakan secara demokratis dan memenuhi Quorum. Pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan oleh kepengurusan baru didasari karena adanya mandat dari kepengurusan lama,” katanya.

Ketua Kwarran Cipaku (Demisioner), Agus Herawan,  mengaku sudah mengusulkan adanya pelantikan kepengurusan baru setelah satu minggu pelaksanan musran tingkat kecamatan.

Selain itu, kata Agus, kepengurusan yang lama telah memberikan mandat kepada kepungurusan baru dibawa tanggungjawa Ketua Kwarran terpilih untuk melaksanakan kegiatan kepramukaan di tingkat kecamatan.

Ketua Kwarran terpilih, Wawan, ketika dimintai tanggapan, menyatakan bahwa kepengurusan Kwarran masa bakti 2016-2021 lahir dari pemilihan yang sah. Menurut dia, presidium turut menandatangani hasil pemilihan.

“Terkait dengan pelaksanaan kegiatan, selain mandat dari kepengurusan lama, juga merupakan hasil musyawarah dengan para mabigus,” katanya.

Yus Rusmana Sudia, Pembina Gugus 14-120 pangkalan SDN 1 Cipaku, ketika ditemui Koran HR, Senin (10/10/2016) lalu, mengatakan, pelaksanaan LT 2 yang diselenggarkan Kwarran Cipaku, belum lama ini, berjalan dengan baik.

Dia berharap permasalahan belum dilantiknya kepengurusan baru tidak berdampak kepada hasil keputusan kegitan LT 2. (dji/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!