Bentuk Karakter Peserta Didik, SMA Informatika Ciamis Tekankan Bidang Keagamaan

25/10/2016 0 Comments
Bentuk Karakter Peserta Didik, SMA Informatika Ciamis Tekankan Bidang Keagamaan

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

SMA Informatika Ciamis kini menekankan kegiatan keagamaan bagi peserta didik. Diantaranya seperti membudayakan shalat berjamaah, membaca Al Qur`an dan Asmaul Husna. Penekanan itu dilakukan dalam rangka memberikan bekal pemahaman agama bagi peserta didik.

Kepala SMA Informatika, Asep Dhana K, ketika ditemui Koran HR, Senin (17/10/2016) pekan lalu, membenarkan upaya pihaknya dalam membudayakan shalat berjamaah, serta budaya membaca Al Qur`an dan Asmaul Husna sebelum belajar dimulai.

“Karena kapasitas mesjid terbatas dan jumlah peserta didik banyak, kegiatan shalat berjamaah, khususnya dzuhur, dilakukan dengan dua shift,” katanya.

Selain itu, kata Asep, dalam rangka membentuk karakter peserta didik, setiap minggu juga digelar pengajian rutin. Pengajian rutin ini diikuti seluruh peserta didik dan dewan guru. 

“Mesjid yang ada di sekolah, sebagai baitullah (rumah Allah), sudah selayaknya mendapat perlakukan lebih dari penghuninya (jamaah), sehingga keadaannya senantiasa bersih, nyaman, aman, tertib dan ramah dibandingkn dengan rumah biasa,” katanya.

Walaupun SMA Informatika kategori sekolah umum, lanjut Asep, tapi tidak menghilangkan kegiatan keagamaan. Bahkan, SMA Informatika kini sudah memiliki grup marawis yang dibentuk untuk mewadahi bakat dan potensi peserta didik.

Menurut Asep, masjid senantiasa harus diperhatikan, mulai dari fungsi idarah (keorganisasian), fungsi imarah (kemakmuran) dan fungsi riayah (pemeliharaan). Untuk itu, pihaknya juga ingin kembali membangun fasilitas mesjid agar bisa menampung seluruh peserta didik.

“Selain ada infak dari donatur, semoga saja pemerintah juga bisa membantu memfasilitasi sarana dan prasarana ibadahnya,” kata Asep.

Ketua Ekstrakulikuler Keagamaan, Ikro, mengatakan, kegiatan keagamaan di SMA Informatikan sejauh ini berjalan dengan baik dan sesuai dengan program.

“Program-program keagamaan terus kita jalankan, baik itu dalam rangka peringatan hari besar Islam ataupun pengajian rutin bulanan. Semoga saja kami bisa istiqamah,” katanya. (DSW/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!