Binamarga Ciamis: 1 Jembatan Ambruk, Jalan Banyak yang Rusak Akibat Banjir

13/10/2016 0 Comments
Binamarga Ciamis: 1 Jembatan Ambruk, Jalan Banyak yang Rusak Akibat Banjir

Jalan penghubung antar desa di wilayah Desa Pasirnagara, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, terputus akibat tebing longsor menutupi badan jalan, Minggu (09/10/2016). Photo: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dinas Binamarga, SDA dan ESDM Kabupaten Ciamis, menyebutkan bahwa terdapat sejumlah fasilitas umum seperti jalan, jembatan dan irigasi milik Pemkab Ciamis di Kecamatan Banjarsari, Banjaranyar dan Pamarican mengalami kerusakan akibat banjir.

“Ada jembatan di perbatasan Banjarsari-Banjaranyar ambruk akibat tergerus banjir. Selain itu, terdapat juga sejumlah jalan kabupaten di tiga kecamatan yang terkena dampak banjir yang tertutup lumpur dan permukaan aspalnya mengelupas. Saat ini kami masih melakukan pendataan terkait berapa jumlah jalan kabupaten yang mengalami kerusakan,” kata Kabid Jalan dan Jembatan Dinas Binamarga, SDA dan ESDM Kabupaten Ciamis, Taufik Gumilar, kepada Koran HR, Selasa (11/10/2016).

Selain jalan dan jembatan, lanjut Taufik, banyak juga saluran irigasi dan tebing yang tergerus banjir dan longsor. “Namun, untuk penanganan irigasi yang rusak kami akan koordinasi dulu dengan BBWS Citanduy. Karena dalam menangani irigasi, ada sebagian yang ditangani oleh BBWS,” ujarnya.

Taufik juga mengatakan, terdapat 4 titik proyek peningkatan dan perbaikan jalan kabupaten yang masih dikerjakan oleh pihak rekanan mengalami kerusakan akibat banjir. Pihaknya, kata dia, akan segera mengecek ke lokasi proyek untuk mengidentifikasi seberapa parah kerusakan yang ditimbulkan dari dampak banjir tersebut.

“Kalau seandainya kerusakannya parah dan harus dilakukan pengerjaan ulang, maka proyek tersebut akan ditetapkan ke dalam status force majeure bencana. Artinya, segala kerusakan yang ditimbulkan tidak dibebankan ke pihak rekanan. Namun, apabila kerusakannya tidak terlalu parah dan masih bisa diatasi oleh pihak rekanan, maka proyek tersebut terus dilanjutkan hingga tuntas,” terangnya. (Bgj/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!