BPBD Banjar Ungkap Data Kerusakan Akibat Banjir dan Longsor

28/10/2016 0 Comments
BPBD Banjar Ungkap Data Kerusakan Akibat Banjir dan  Longsor

Salah satu bencana longsor yang terjadi di wilayah Desa Karyamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar. Photo: Dokumen HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com)

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar, Kuslan Tarman, S.IP, mencatat peristiwa bencana alam yang terjadi di tiga titik wilayah Kota Banjar, pada Minggu (09/10/2016) lalu, baik longsor maupun banjir, yakni di Kecamatan Banjar, Pataruman dan Purwaharja.

Dalam catatannya, di Kecamatan Pataruman longsor terjadi di Dusun Tundagan, Desa Batulawang, menimpa 1 rumah hingga mengalami kerusakan berat, dan 1 rumah rusak ringan. Di Dusun Sukamulya, Desa Sukamukti, terdapat 1 rumah mengalami rusak berat dan 1 kerusakan ringan. Sedangkan, di Dusun Sukahurip, Desa Sukamukti, terdapat 2 rumah yang mengalami kerusakan sedang, dan di Dusun Pabuaran, Desa Karyamukti, terdapat 1 rumah yang terancam longsor.

Selain longsor, akibat intensitas air yang cukup tinggi dari pegunungan mengakibatkan 15 hektare lahan sawah di Desa Sukamukti terendam banjir. Untuk wilayah Purwaharja, pihak BPBD mencatat hanya jalan nasional yang amblas dengan panjang 15 meter, lebar 18 meter dan  kedalaman sekitar 10 meter.

“Sementara bencana banjir yang melanda wilayah Desa Mulyasari, mengakibatkan 55 kepala keluarga (KK) terdiri dari 44 rumah dengan 152 jiwa di Dusun Rancakole, dan 11 rumah dengan 39 jiwa di Dusun Sukamaju, terkena banjir,” terang Kuslan, kepada Koran HR, Selasa (25/10/2016) lalu.

Kemudian, bencana banjir yang melanda wilayah Desa Balokang, Kecamatan Banjar, tepatnya di Dusun Ciaren, terdapat 10 unit rumah dengan 29 jiwa yang terendam banjir. Adapun di Lingkungan Sukarame, Kelurahan Mekarsari, terdapat 17 rumah dengan 63 jiwa.

“Data tersebut kami catat sesuai dengan informasi yang kami terima dari pihak pemerintah desa dan kelurahan yang ada di Banjar,” pungkasnya. (Muhafid/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!