BPBD; Curah Hujan Tinggi Penyebab Banjir di Banjar

10/10/2016 0 Comments
BPBD; Curah Hujan Tinggi Penyebab Banjir di Banjar

Salah satu titik lokasi banjir di Kota Banjar. Photo: Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Banjar, selama seharian penuh, terhitung sejak Sabtu-Minggu (08-09/10/2016), menyebabkan banjir di sejumlah lokasi, termasuk patahnya Jembatan Katapang, Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja.

Namun, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar, mengaku belum memiliki data lengkap, terkait lokasi-lokasi mana saja yang mengalami banjir.

“Kami belum miliki data lengkap, tapi setidaknya berdasarkan data sementara ada sekitar puluhan lokasi di wilayah Kota Banjar tersebar di empat kecamatan terkena banjir,” Kata Kasi. Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana BPBD Kota Banjar, Uman Suhaman, saat dijumpai HR Online, di salah satu lokasi penanganan banjir, Senin (10/10/2016).

Dia menyebutkan, beberapa wilayah yang dilanda banjir diantaranya wilayah Kecamatan Pataruman, yaitu di Desa Mulyasari terdapat di Dusun Sukamaju, RT.01, RW.04 yang menyebabkan 12 rumah terendam banjir, Dusun Rancakole, RT.12, RW.03 ada 6 rumah, Lingkungan Panatasan, RT.02, RW.19, dan di Desa Sinartanjung ada 10 rumah.

Kemudian, di wilayah Kecamatan Banjar meliputi Kelurahan Mekarsari, yaitu di Lingkungan Sukarame, RT.14, RW.03 sebanyak 12 rumah, RT.12, RW.03 ada 6 rumah, RT.03, RW.13 sebanyak 1 rumah, dan di Desa Balokang, namun tidak ada rumah yang terendam.

Untuk wilauah Kecamatan Langensari diantaranya di Desa Waringinsari, yakni di Dusun Sukanegara, RT.01, RW.01 sebanyak 45 rumah, di Lingkungan Bojongsari, Kelurahan Bojongkantong, selain rumah terendam juga 7 pohon tumbang. Banjir terjadi pula di perapatan parkir Kelurahan Muktisari, dan di Dusun Sindangasih, Desa Kujangsari.

“Ancaman banjir juga bisa terjadi di Dusun Girimulya, Desa Binangun dan Dusun Karangsari, bila luapan air sungai Ciseel tidak tertahan,” terangnya.

Selain banjir, kata Uman, terjadi longsoran tanah di Dusun Tundagan dan Dusun Cimanggu, Desa Batulawang, serta di Dusun Pagerbatu, Desa Karyamukti. Saat ini pihak BPBD Kota Banjar sedang ikut membantu dalam penanggulangan bencana, dan sebagian lokasi sudah terkondisikan. (Nanks/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!