BPBD Pangandaran: Puting Beliung di Parigi Terjadi Akibat Perubahan Musim

13/10/2016 0 Comments
BPBD Pangandaran: Puting Beliung di Parigi Terjadi Akibat Perubahan Musim

Rerentuhan pohon besar pasca terjadi angin puting beliung di Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Kepala BPBD Kabupaten Pangandaran, Nana Ruhena, mengatakan, berdasarkan informasi dari BMKG, bencana angin kencang yang merusak rumah warga di wilayah Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, merupakan angin puting beliung yang dipengaruhi dari terjadinya perubahan musim pada awal Oktober ini.

“Jadi, pada bulan Oktober ini terjadi perubahan musim dari kemarau basah beralih ke musim hujan. Menurut laporan BMKG, dari bulan Oktober curah hujan akan terus tinggi hingga bulan Januari nanti,” ujarnya, kepada HR Online, Kamis (13/10/2016).

Nana menjelaskan, meski sebelum bulan Oktober sering terjadi hujan, namun tidak disebut musim hujan. Selain curah hujan tidak terlalu tinggi, lanjut dia, juga dalam kalender musim masuk ke musim kemarau. “Namun, karena di saat kemarau sering terjadi hujan, maka disebutnya kemarau basah. Kemarau basah ini memang fenomena alam yang terjadi pada akhir-akhir ini,” terangnya.

Menurut Nana, dari laporan BMKG, angin puting beliung yang melanda wilayah Parigi, merupakan ekses dari bencana serupa yang terjadi di Australia.

“Jadi, sebelum terjadi di Parigi, angin puting beliung yang kekuatannya cukup besar ini terjadi di Australia. Menurut keterangan warga pun bahwa angin kencang datang dari arah laut dan langsung menyapu ke darat. Artinya, keterangan warga tersebut memperkuat hasil pantauan BMKG,” ungkapnya.

Nana juga menghimbau kepada warga Kabupaten Pangandaran untuk meningkatkan kewaspadaan pada musim hujan kali ini. Karena curah hujan diprediksi akan terus meninggi hingga bulan Januari, sehingga sangat berpotensi terjadinya bencana banjir dan longsor. (Bgj/R2/HR-Online)    

Berita Terkait

419 Rumah Warga Parigi Pangandaran Rusak Akibat Diterjang Puting Beliung

Parigi Pangandaran Dihantam Puting Beliung, Pasar dan Rumah Rusak, 1 Tewas

Korban Puting Beliung di Parigi Pangandaran Tewas Saat Selamatkan Perahu

Bupati Pangandaran Tinjau Lokasi Dapur Umum di Desa Karangjaladri

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!