Canggih, TV Buatan Jepang Ini Tak Terlihat Jika Sedang Mati

07/10/2016 1 Comment
Canggih, TV Buatan Jepang Ini Tak Terlihat Jika Sedang Mati

TV Panasonic yang tak terlihat jika dalam keadaan mati YouTube Panasonic Newsroom.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Panasonic, perusahaan elektronik asal Jepang itu kini tengah mengembangkan sebuah televisi yang sangat canggih. Bila diletakan di sebuah lemari, televisi ini hanya akan terlihat seperti pintu kaca. Tapi saat menyala, televisi ini akan terlihat layanya televisi biasa.

Sebetulnya televisi canggih itu pernah dipamerkan dalam Consumer Electronic Show di Las Vegas pada Januari 2016, namun sekarang telah mengalami perkembangan yang membuat televisi tersebut benar-benar tidak terlihat.

Dilansir Daily Mail, semula layarnya menggunakan LED dan diganti dengan layar OLED, hal itu merupakan salah satu rahasia utama untuk membuat televisi ini makin tak terlihat. Terbukti, televisi menjadi tidak bisa terdeteksi saat mati dan benda yang ada di belakang televisi bisa terlihat sangat jelas.

Yang menjadi perbedaan mendasar dari OLED dan LED adalah pixel dari layar LED membutuhkan cahaya dari belakang untuk memancarkan cahaya di tiap pixelnya, sedangkan OLED dapat memancarkan sendiri cahaya di tiap pixelnya.

Sementara itu dilansir dari Engadget, Panasonic pun kini sedang berusaha untuk mengembangkan gambar setajam televisi biasa. Sebab, Panasonic tidak mau hanya sekedar mengembangkan televisi yang tidak terlihat tapi mengorbankan kualitas gambar.

Karena, prototip awal dari televisi ini membutuhkan sorotan cahaya dari belakang supaya gambar semakin terang. Tetapi dalam pengembangannya, cahaya ‘backlight’ tidak lagi dibutuhkan.

Sebenarnya cara kerja dari televisi ini cukup sederhana, lantaran ada dua elektroda, yaitu katoda dan anoda yang membungkus panel dari OLED terbuat dari substansi kaca yang bisa memiliki opsi untuk menjadi terlihat transparan. Guna mempercanggih lagi, Panasonic menyematkan aplikasi musik yang dapat dikontrol melalui gerakan tangan. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

1 Comment

Leave a Reply