Ciptakan Masyarakat Mandiri, Desa Karyamukti Banjar Bentuk KWT Baru

17/10/2016 0 Comments
Ciptakan Masyarakat Mandiri, Desa Karyamukti Banjar Bentuk KWT Baru

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Desa Karyamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, terus melakukan pembangunan serta pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang baik, dan menciptakan masyarakat mandiri.

Selain adanya dorongan anggaran Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2016, Pemdes Karyamukti juga memberi peluang kepada masyarakat untuk dapat mandiri dalam pemenuhan kesejahteraan, seperti pembentukan Kelompok Wanita Tani (KWT).

“Desa Karyamukti baru memiliki 1 KWT. Namun, karena saya secara pribadi merasa perlu adanya kelompok lagi, saya mencoba membentuk KWT baru. Meskipun tidak menggunakan anggaran dari desa maupun kota, tapi saya pikir hal ini dapat mendorong masyarakat bisa mandiri,” kata Kepala Desa Karyamukti, Ajar Sudrajat, kepada Koran HR, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (03/10/2016).

Dia menyebutkan, KWT baru yang terletak di Dusun Sukaharja, fokus pada pemanfaatan tanah kosong untuk ditanami berbagai macam sayuran dan bahan bumbu dapur. Sedangkan, untuk pengelolaan serta produksinya diserahkan semua kepada kelompok.

Melalui KWT, dirinya yakin masyarakat yang masuk di dalamnya bisa merasakan manfaat serta mampu menggali lagi semua potensi alam yang ada di wilayah Desa Karyamukti. Hingga saat ini, KWT yang baru dibentuk itu sudah dapat menjual hasilnya ke pasar.

“Meskipun masih mandiri, bila ada anggaran yang bisa diserap, saya meminta bantuan berupa barang seperti benih, saung, alat semprot dan pelatihan yang langsung diberikan kepada masyarakat. Pasalnya, saya yakin dengan hal itu bisa memicu warga untuk lebih terdorong dalam memanfaatkan stimulus dari pemerintah,” pungkas Jajat. (Muhafid/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!